Bukan minum air hangat, ini 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan

Bukan minum air hangat, ini 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan
Freepik.com

Brilio.net - Menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada setiap wanita. Proses ini biasanya berlangsung setiap bulan dan dikenal sebagai siklus menstruasi, dengan durasi rata-rata sekitar 28 hari, meskipun dapat bervariasi untuk masing-masing orang.

Menjelang atau selama masa menstruasi, umumnya para wanita akan merasakan rasa nyeri di area perut, sakit kepala, perubahan suasana hati, sakit punggung, dan masih banyak lagi. Rasa nyeri yang dirasakan bisa berbeda untuk setiap orang. Ada yang rasa sakitnya masih bisa ditoleransi, dan tidak sedikit juga yang sampai bikin tubuh lemas.

Kebanyakan orang akan meredak nyeri haid atau dikenal sebagai dismenore ini dengan mengonsumsi air hangat. Sementara yang lainnya memilih untuk meminum obat peredar nyeri. Namun, sebetulnya ada cara alami yang bisa ditempuh ketika kamu sedang mengalami dismenore ini.

Selain dampak konsumsi obat-obatan yang yang dapat menimbulkan efek kimia dalam tubuh, cara alami meredakan nyeri haid pun tidak perlu membutuhkan banyak biasa dan usaha. Kamu bisa menerapkan beberapa cara meredakan nyeri haid dari mana saja, seperti di rumah, kantor, sekolah, ataupun tempat lainnya.

Dilansir dari brilio.net dari berbagai sumber, berikut 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan, Jumat (26/4).

1. Mengompres dengan air hangat

Bukan minum air hangat, ini 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan

Cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan
© 2024 Freepik.com/berbagai sumber

Mengompres area perut dengan air hangat adalah salah satu metode alami yang bisa membantu meredakan nyeri haid tanpa menggunakan obat-obatan. Selain mudah, kompres air hangat juga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

Pertama-tama, siapkan alat untuk mengompres perut seperti air hangat, handuk atau kain katun, dan wadah untuk menyimpan air. Langkah yang kedua yakni basahi handuk atau kain katun dengan air hangat, kemudian peras agar airnya tidak mengucur. Lalu tempatkan handuk tersebut di perut sambil berbaring. Lakukan pengompresan ini selama kurang lebih 15-20 menit. Jika kain mulai dingin, kamu dapat mengganti dengan kain lain yang sudah direndam air hangat.

2. Melakukan olahraga ringan.

Bukan minum air hangat, ini 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan

Cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan
© 2024 Freepik.com/berbagai sumber

Melakukan olahraga ringan dapat membantu meredakan nyeri haid secara alami. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan aliran darah ke area perut dan mengurangi ketegangan otot, sehingga dapat mengurangi intensitas nyeri haid. Berikut adalah beberapa jenis olahraga ringan yang dapat kamu coba untuk meredakan nyeri haid:

- Berjalan kaki atau bersepeda ringan.

Aktivitas kardiovaskular ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke daerah perut. Lakukanlah aktivitas ini dengan ritme yang santai tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

- Renang.

Siapa sangka renang ternyata bisa membantu dalam meringankan nyeri haid. Namun perlu diperhatikan kondisi dan situasinya, ya. Sangat disarankan agar melakukan renang di waktu pms (premenstrual syndrome), atau disaat tidak dalam kondisi darah haid mengalir deras. Renang dengan gaya yang ringan dapat menjadi pilihan yang bagus, karena mengurangi tekanan pada tubuh dan memberikan pergerakan yang lembut. Hindari melakukan gerakan yang terlalu intens jika sedang mengalami nyeri haid.

- Peregangan atau stretching.

Melakukan peregangan ringan dapat membantu melepas ketegangan otot-otot perut dan punggung bawah. Fokus pada gerakan yang menargetkan daerah perut dan panggul atau peregangan lingkaran panggul.

- Latihan pernapasan.

Latihan pernapasan yang dalam dan terkontrol dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Cobalah teknik pernapasan perut yang dalam untuk membantu meredakan ketegangan.

Melakukan olahraga ringan secara teratur, tidak hanya saat mengalami nyeri haid, untuk membantu mengurangi ketegangan tubuh secara keseluruhan. Jika dirimu merasa terlalu lelah atau nyeri terasa lebih buruk setelah berolahraga, istirahatlah dan jangan memaksakan diri. Konsultasikan dengan dokter atau instruktur olahraga sebelum mencoba jenis olahraga baru, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu atau nyeri haid yang parah.

3. Mengatur pola makan.

Bukan minum air hangat, ini 10 cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan

Cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan
© 2024 Freepik.com/berbagai sumber

Mengatur pola makan secara sehat dan tertentu dapat membantu meredakan nyeri haid secara alami. Beberapa strategi nutrisi dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan menstruasi. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur pola makan guna meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan:

- Konsumsi makanan kaya serat.

Makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan pencernaan. Serat juga membantu mengatur pergerakan usus, mengurangi kembung, dan meredakan ketegangan pada perut.

- Perhatikan asupan lemak sehat.

Kamu dapat mengonsumsi lemak sehat seperti omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal, seperti ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Kandungan dalam makanan itu dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

- Konsumsi makanan kaya magnesium.

Magnesium dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan kram. Sumber makanan yang kaya magnesium meliputi bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, pisang, dan cokelat hitam.

- Minum banyak air.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi retensi air dan memperbaiki aliran darah.

- Makan dalam porsi kecil, teratur, dan seimbang.

Hindari makan berlebihan ataupun terlalu sedikit. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Usahakan makan makanan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

- Mengonsumsi herbal atau teh hangat.

Beberapa herbal seperti jahe, peppermint, atau chamomile dapat memiliki efek menenangkan dan meredakan nyeri haid. Minum teh hangat atau infus herbal dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan secara drastis, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu atau mengalami nyeri haid yang parah. Jadi mungkin perlu mencoba berbagai strategi nutrisi untuk menemukan apa yang paling efektif dalam meredakan nyeri haid.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya