8 Tempat makan nasi pecel legendaris di Madiun, wajib dikunjungi

10 / 02 / 2022 21:02 WIB Hana Rohmahtika
8 Tempat makan nasi pecel legendaris di Madiun, wajib dikunjungi
Instagram/@pecel99madiun dan Instagram/@jimmysie

Brilio.net - Madiun merupakan salah satu kota besar yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Madiun terkenal sebagai kota yang memiliki banyak julukan. Mulai dari kota gadis, kota budaya, kota industri, kota pendekar, hingga kota pecel.

Sebagian besar orang lebih mengenal Madiun dengan sebutan kota pecel, karena memang pecel merupakan makanan yang paling khas di kota ini. Pecel Madiun punya cita rasa yang khas, nggak heran jika makanan satu ini jadi ikonik dan disukai banyak orang.

Tidak hanya sebagai menu sarapan, pecel juga masih bisa disantap di malam hari, lho. Kalau kamu tengah mampir ke Madiun, rasanya kurang afdol kalau tidak mencoba makanan khas yang satu ini.

Kira-kira kamu dapat berkunjung ke mana kalau mau cari nasi pecel ya? Yuk, intip sederet rekomendasi tempat makan pecel legendaris di Madiun, BrilioFood himpun dari berbagai sumber pada Kamis (10/2).

1. Depot Nasi Pecel 99 Madiun.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@pecel99madiun

Tempat makan nasi pecel pertama yang wajib kamu kunjungi yakni depot nasi pecel 99 Madiun. Tempat makan milik Karyono dan Herimurti ini semakin terkenal karena pernah dua kali dikunjungi oleh Presiden RI ke-6, yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Depot nasi pecel ini bisa kamu temui di Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133.

2. Nasi Pecel Pojok.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@wdyati

Nasi pecel pojok merupakan tempat makan nasi pecel yang dikenal sebagai warung makan sesepuh. Pasalnya, tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1967, kini sudah berusia lebih dari setengah abad. Tempat makan nasi pecel ini berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No. 121, Kota Madiun, Jawa Timur, tepatnya di pojokan antara Jl. Cokroaminoto dan Jalan Ringin.

Hanya dengan membawa uang sebesar Rp 20 ribu, kamu sudah bisa makan nasi pecel lengkap dengan sayur dan lauk yang beraneka ragam. Pastinya bikin kamu pulang dengan perut kenyang, nih.

3. Nasi Pecel Sri Tanjung.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@jimmysie

Tempat makan ini terkenal dengan nasi pecel yang rasanya enak dan harganya terjangkau. Harga nasi pecel yang dijual di sini berkisar Rp 7 ribu hingga Rp 10 ribu per porsinya. Tak cuma menjual nasi pecel, di sini juga menyediakan beragam lauk pauk pendamping. Ada ati ampela, telur, daging empal, paru, limpa, dan sate usus. Meskipun baru buka sore hari yakni pukul 18.00 WIB, tapi nasi pecel ini selalu ramai pengunjung.

4. Nasi Pecel Bu Wir Kabul.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@xtian_rho

Ada satu tempat makan nasi pecel yang juga berlokasi di Jalan Cokroaminoto Madiun. Nasi pecel ala Bu Wir Kabul ini memiliki ciri khas yakni pada smbal pecelnya, ada perpaduan rasa pedas dan gurih. Nasi Pecel Bu Wir Kabul buka mulai pukul 08.00-23.00 WIB.

5. Nasi Pecel Yu Gembrot.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@rodadanroti

Nasi pecel Yu Gembrot bisa dibilang sebagai nasi pecel leluhurnya Madiun. Bagaimana tidak, nasi pecel ini ternyata sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka. Tahun 1942, Sarinem selaku pemilik warung ini sudah mulai berjualan nasi pecel dengan cara berkeliling. Baru kemudian pada 1974, didirikan tempat makan oleh sang anak yang bernama Kartini.

Salah satu ciri khas dari tempat makan ini adalah cara penyajiannya yang masih memanfaatkan daun pisang segar alias teknik pincuk. Selain itu, tekstur dari sambal pecelnya juga begitu kental sehingga remahan kacang masih nyata terasa.

6. Nasi Pecel Bu Mandung.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@jimmysie

Tempat makan nasi pecel ini masih terasa kesan tradisional. Memiliki tampilan warung menggunakan tenda kaki lima, didirikan di pinggir jalan, membuat siapa saja yang melihatnya pasti tertarik untuk berkunjung. Untuk menu pendamping nasi pecel, disediakan kerupuk puli yang renyah dan juga gurih.

7. Nasi Pecel Mirasa Bu Wo.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto : Instagram/@indah_soebandi

Nasi Pecel Bu Wo berlokasi di Jl. S. Parman, Kota Madiun. Tepatnya di samping bekas terminal lama Madiun. Hampir sama dengan nasi pecel Yu Gembrot, tempat makan ini juga memulai bisnisnya dari sekadar berkeliling kota hingga menjadi warung makan legendaris. Warung makan ini juga punya daya tarik khas, yakni bumbu pecel yang dari dulu tidak pernah berubah karena langsung diracik oleh Bu Wo sendiri.

8. Nasi Pecel Mbak Lina.

Nasi Pecel di Madiun  berbagai sumber

foto: Instagram/@citra.rahma22

Tempat makan nasi pecel yang tak kalah terkenal lainnya yakni nasi pecel Mbak Lina. Tempat makan ini terletak di Alun-alun Utara, Manguarjo, Madiun, tepatnya di depan Pendopo Kabupaten Madiun. Nasi pecel Mbak Lina ini cocok dijadikan sebagai warung makan berkumpul bersama kelurga atau teman jika kamu berkunjung ke Madiun.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya