Brilio.net - Teflon merupakan salah satu jenis peralatan masak multifungsi. Selain untuk menggoreng, teflon juga bisa dipakai memanggang makanan. Cara menggunakan alat yang satu ini pun sangat mudah dan nggak ribet.

Memiliki banyak fungsi, nggak heran apabila teflon lantas dianggap sebagai alat masak yang penting. Supaya teflon di rumah tetap awet dan serta tahan lama, kamu perlu merawatnya dengan benar. Jika tidak dirawat dengan baik, lapisan pada teflon akan mudah rusak dan membuat anti lengketnya hilang.

Bagaimana cara merawat teflon? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (22/5), 5 trik agar teflon tetap bisa dipakai untuk memasak.

1. Gunakan api kecil saat memasak.

foto: freepik.com

Jika kamu senang memasak pakai teflon dengan api besar, sebaiknya mulai diperhatikan lagi. Pasalnya, teflon ini dirancang khusus untuk suhu yang rendah hingga sedang. Jika kamu memasak di atas suhu 250 derajat, maka akan mengurangi fungsi anti lengket dan membuat senyawa kimia pada teflon. Uap dari teflon tersebut bisa berubah jadi racun.

2. Hindari memasak masakan yang mengandung asam.

foto: freepik.com

Asam yang terkandung pada makanan dapat membuat lapisan anti lengket mengelupas lebih cepat. Pastikan saat kamu memasak pakai teflon, tidak ada bahan makanan yang mengandung asam seperti lemon dan tomat. Sebaiknya gunakan alat memasak lain untuk mengolah jenis masakan asam.

3. Jangan jadikan teflon sebagai wadah makanan.

foto: freepik.com

Setelah masakan jadi, sebaiknya segera tuang ke piring saji atau tempat yang diinginkan. Hindari tetap menyimpan hasil masakan di teflon. Bukan tanpa sebab, teflon akan membuat makanan memiliki rasa metalik pada makanan. Juga, hal tersebut dapat dapat merusak permukaan panci.

4. Simpan teflon dengan benar.

foto: freepik.com

Simpan teflon dengan benar agak tidak tergores. Bisa digantung, ditumpuk, atau beri sela-sela yang cukup di antara alat-alat masak lain. Jika memilih cara menumpuk, lapisi teflon supaya lebih terlindungi.

5. Membersihkan dengan baking soda dan spons.

foto: freepik.com

Setelah digunakan untuk memasak dan kondisi masih panas, hindari mencuci teflon dengan air dingin. Jika teflon langsung terkena dingin, lapisan anti lengket bisa rusak. Sebaiknya bersihkan sisa masakan dengan pasta baking soda yang dicampur dengan air. Gosok teflon dengan spons pencucui piring.