Brilio.net - Tikus merupakan hewan pengerat sekaligus hama yang meresahkan karena sering masuk ke rumah. Biasanya tikus akan mencari makan dan membuat sarang di sekitar atau bahkan di dalam area rumah. Jika sudah membuat sarang, akan sangat mungkin populasi tikus semakin meningkat.

Masalahnya, tikus sering menggerogoti sejumlah bahan makanan. Baik makanan yang disimpan di lemari sebagai stok, atau bahkan makanan yang sudah dimasak di dapur dan meja makan. Selain itu, belum lagi kotorannya bisa bikin rumah jadi bau.

Padahal tikus ini sering membawa virus penyebab penyakit, lho. Dilansir dari cdc.gov, virus dari tikus ini bahkan bisa menular ke manusia secara langsung melalui kontak dengan kotoran, urin, air liur, atau bahkan gigitan dari hewan pengerat tersebut. Biasanya efeknya berupa infeksi virus bernama Tularemia.

Untuk mencegah infeksi dari tikus, sejumlah orang biasanya akan membuat racun tikus untuk mengatasi hama tersebut. Saat ini, ada banyak racun tikus yang dijual di pasaran. Namun sebenarnya kamu bisa membuat racun tikus ini sendiri dengan bahan sederhana yang ada di rumah, lho.