Dilansir BrilioFood pada Jumat (5/1), pengguna YouTube tersebut tampak memakai dua bahan yang cukup sering dijadikan alternatif pembersih, yakni sitrun dan sabun cuci piring (bahan dapur).

foto: YouTube/Big Mbul Family

Pertama-tama, ia menuangkan satu bungkus sitrun dan sabun cuci piring secukupnya ke dalam wadah. Lalu ia menambahkan air panas secukupnya untuk melarutkan kedua bahan tersebut. Kandungan texaphon pada sabun cuci piring diketahui dapat menghilangkan lemak dan kotoran. Sementara sitrun juga diketahui berperan sebagai agen bakterisida dan fungisida yang dapat membunuh kuman, bakteri, dan jamur sehingga ampuh untuk menghilangkan noda kerak membandel.

foto: YouTube/Big Mbul Family

Caranya, oleskan cairan pembersih tersebut ke bagian keramik kamar mandi yang terkena noda kerak membandel. Alih-alih memakai sikat atau kawat pencuci piring untuk menyikat keramik, pengguna YouTube tersebut lebih memilih mengoleskan cairan pembersih pakai kuas yang permukaannya lembut.

Menurut pengguna YouTube tersebut, bagian keramik tersebut pernah dibersihkan dengan kawat pencuci piring, namun bagian bak mandinya justru bocor karena disikat kuat.

"Karena nodanya sudah berkerak, jadi disikat kuat pakai kawat pencuci piring. Nah jadi kamar mandinya bocor. Jadi ibuku trauma mau membersihkan kamar mandi takut baknya bocor lagi," ucap pengguna YouTube tersebut.

foto: YouTube/Big Mbul Family

Setelah cairan pembersih diaplikasikan ke beberapa bagian keramik yang bernoda, perbedaannya mulai terlihat. Kotoran pada keramik perlahan mulai luntur. Setelah diolesi cairan pembersih, bilas keramik dengan air bersih. Hasilnya, keramik kamar mandi yang awalnya kelihatan kusam dan kotor jadi terlihat bersih dan cerah.

"Terlihat perbedaannya, ya. Yang digosok pakai kuas dengan campuran sitrun dan sabun cuci piring memang ampuh," pungkasnya.