Pakai 1 ampas dapur, ini trik menghilangkan noda jamur pada jas hujan agar awet dan tak mudah sobek

Pakai 1 ampas dapur, ini trik menghilangkan noda jamur pada jas hujan agar awet dan tak mudah sobek
foto: YouTube/Esi Rezky

Brilio.net - Saat musim hujan tiba, jas hujan menjadi salah satu benda yang wajib ada di kendaraan. Jas hujan biasanya terbuat dari bahan plastik atau vinyl yang memiliki lapisan pelindung antiair. Fungsi utama jas hujan ini memang untuk meminimalisir masuknya air ke bagian tubuh dan pakaian.

Perawatan jas hujan setelah digunakan sangat penting dilakukan supaya benda satu ini bisa awet dan tak mudah berjamur. Yup! Jas hujan termasuk barang yang mudah sekali berjamur karena kondisinya yang selalu lembap. Dalam beberapa kasus, banyak orang langsung melipat jas hujan begitu saja dalam kondisi basah setelah digunakan. Atau ada juga yang tidak menjemurnya sampai benar-benar kering, sehingga muncullah noda jamur di jas hujan.

Padahal noda jamur ini bisa membuat jas hujan bau apek. Selain itu, noda jamur juga berpotensi bikin lapisan jas hujan rusak karena mengelupas. Jika hal itu tersebut, tentu kinerja jas hujan tidak maksimal dalam menghalau air.

Kondisi jas hujan yang berjamur ini seringkali dianggap tidak layak digunakan lagi. Lantas, banyak orang kemudian memilih membuangnya begitu saja. Padahal sebenarnya, noda jamur tersebut bisa hilang dengan hanya dengan bahan yang sangat sederhana.

Melalui akun YouTube Esi Rezky, seorang warganet pernah menunjukkan tentang metode yang dilakukan dalam membersihkan jas hujan berjamur. Bukan dengan sabun atau detergen, dia justru menggunakan ampas dapur. Walaupun begitu, ampas dapur ini bisa ampuh menghilangkan noda jamur sekaligus menjaga kualitas jas hujannya, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya