"Seperti ini penampakan gayungnya, karena mungkin direndam air terus, jadi tumbuh lumut dan dekil seperti ini," ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Zulaikha pratiwy pada Kamis (4/1).

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Bukan dibuang begitu saja, Zulaikha memutuskan untuk membersihkan gayungnya. Ia langsung meracik cairan pembersih khusus. Pertama, ia menaruh sebungkus sitrun ke dalam mangkuk. Sebagai campuran lainnya, ia menambahkan satu bahan dapur, yakni sabun cuci piring.

"Kemudian kita kasih air mendidih, aduk-aduk merata," ungkap pemilik video.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Nggak perlu menunggu dingin, langsung oleskan larutan pembersih ke seluruh permukaan gayung. Dalam video, tampak ia menggunakan kuas ukuran besar di proses ini. Tanpa perlu tenaga ekstra, kotoran di permukaan gayung tampak luntur seketika.

"Campuran sitrun sama sabun cuci piring tuh bisa ngilangin lumut dan noda membandel di perabotan plastik seperti ini," ucapnya.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Oleskan larutan pembersih ke bagian dalam gayung juga, ya. Kalau dirasa sudah merata, gayung bisa langsung dibilas pakai air mengalir.

"Kita bilas beberapa kali biar sisa kotoran dan busanya hilang," jelasnya.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Alhasil, tampilan gayung langsung tampak berubah. Seluruh kerak dan lumut yang awalnya penuh di permukaannya hilang tak tersisa. Gayung jadi bersih dan mengilap seperti baru lagi, kan?

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy