Brilio.net - Wajan sudah menjadi salah satu alat masak yang wajib ada di dapur. Perabot satu ini sangat dibutuhkan untuk mendukung proses memasak yang melibatkan metode goreng dan tumis. Nggak cuma itu, diameter wajan yang lebar membuat proses memasak dalam jumlah banyak jadi lebih mudah.

Pada umumnya, wajan dibuat dari bahan yang kokoh. Misalnya dari logam, alumunium, baja, hingga stainless steel. Penggunaan bahan dasar tersebut membuat alat masak satu ini cenderung awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Namun seiring pemakaian, wajan juga bisa kotor dan berkerak, khususnya di bagian bawah atau pantatnya. Hal ini disebabkan karena permukaan pantat wajan kerap terpapar suhu tinggi dari api kompor. Dalam beberapa momen, sisa masakan dan minyak juga menempel di pantat wajan tersebut.

Perpaduan berbagai noda ini bisa menyebabkan wajan jadi berkerak hitam, lho. Walaupun begitu, bagian pantat wajan ini masih sering diabaikan oleh penggunanya. Seorang warganet mengakui hal tersebut melalui channel YouTube Manfaat Siip Channel.