Brilio.net - Menjaga kebersihan kompor menjadi hal penting supaya proses memasak bisa berjalan lancar. Kondisi kompor yang bersih tentu membuat api yang dihasilkan juga cenderung stabil dan tetap biru. Dengan begitu, bahan makanan yang dimasak bisa cepat matang dan proses memasak jadi lebih singkat.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa segala aktivitas memasak juga seringkali membuat kompor kotor. Tak hanya di bodi atau permukaannya saja, komponen lain kompor juga bisa terkena noda. Salah satu komponen kompor yang sering kotor adalah tungku atau tatakannya.

Seperti namanya, tatakan kompor ini berfungsi sebagai tatakan untuk menempatkan alat masak agar lebih stabil. Nah, karena tempatnya yang berada tepat di bawah alat masak, tatakan kompor kerap menampung tetesan makanan atau minyak yang tumpah. Hal ini membuat tatakan kompor rentan kotor, berkerak, bahkan berminyak.

Untuk membersihkan tatakan kompor seperti ini, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan-bahan khusus, seperti cuka. Tapi jika kamu tidak memiliki stok cuka di rumah, ada bahan dapur lain yang bisa digunakan. Seorang emak-emak pengguna Instagram @zelinenaila pernah membeberkan lebih lanjut tentang bahan-bahan tersebut melalui salah satu video yang diunggah.