Tak perlu sitrun atau baking soda, ini cara praktis bersihkan tatakan kompor tanpa menguras tenaga

Tak perlu sitrun atau baking soda, ini cara praktis bersihkan tatakan kompor tanpa menguras tenaga
TikTok/@detizahraa

Brilio.net - Penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah, khususnya area kompor. Bukan tanpa sebab, kompor menjadi perabot dapur yang paling sering digunakan. Berbagai aktivitas memasak dilakukan di kompor, sehingga sangat mungkin membuat area tersebut jadi kotor.

Berbagai macam noda seperti cipratan minyak, kuah, atau sisa bahan makanan bisa menempel di bodi kompor. Tak hanya di bodi saja, tatakan kompor juga sering jadi sasaran noda karena terletak di bagian bawah panci atau wajan. Nah, masakan atau bahkan minyak dari panci yang tumpah biasanya akan langsung tertampung di tatakan bagian bawahnya.

Berbagai macam noda tersebut membuat tatakan kompor jadi mudah kotor. Hal ini lantas diperparah dengan paparan api dari proses memasak. Ketika terkena api kompor, noda tersebut bisa jadi gosong dan berkerak. Kondisi tatakan kompor yang berkerak ini akan semakin sulit dibersihkan karena menempel dengan kuat.

Selain kerak, noda lain yang sulit hilang adalah bekas minyak. Noda minyak bisa membuat tatakan jadi licin. Untuk membersihkan noda minyak ini, kamu butuh bahan-bahan khusus karena sabun saja tidak cukup untuk menghilangkan noda dan membuat tatakan kembali kesat.

Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @detizahraa pernah membagikan trik dalam membersihkan tatakan kompor ini. Melalui video unggahannya berdurasi 32 detik, dia mengaku menggunakan bahan tambahan yang mudah ditemukan di dapur. Bahan ini bisa membantu melunakkan kerak ataupun noda minyak yang membandel di tatakan kompor.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya