Tanpa cuka atau sitrun, ini trik bersihkan kerak di bagian dalam rice cooker pakai 3 bahan

Tanpa cuka atau sitrun, ini trik bersihkan kerak di bagian dalam rice cooker pakai 3 bahan
foto: TikTok/@rumahfd

Brilio.net - Sudah sejak lama rice cooker jadi alat wajib ada di dapur, apalagi di kalangan masyarakat Indonesia yang rutin mengonsumsi nasi. Alat satu ini sangat memudahkan proses masak, karena beras bisa matang secara otomatis setelah rice cooker dinyalakan. Proses memasak pakai rice cooker biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 40 menit.

Meski sering digunakan, tapi ada sejumlah orang yang jarang merawat rice cooker. Biasanya, hanya pancinya saja yang dibersihkan setelah nasi di dalamnya habis. Padahal, rice cooker juga perlu dibersihkan secara rutin supaya tetap higienis, terhindar dari noda kerak, dan bebas bau tak sedap.

Nah, saat rice cooker sudah kotor dan bau, hal ini bisa pula menyebabkan nasi menyerap bau tersebut, lho. Wah, kalau nasi yang ingin dimakan bau, pastinya jadi tak menggugah selera, ya?

Makanya mulai sekarang rice cooker kotor jangan dibiarkan lagi, ya. Kalau kamu masih belum tahu cara membersihkannya, intip trik dari warganet di akun TikTok @rumahfd, yuk.

Umumnya, banyak orang memilih membersihkan bagian dalam rice cooker dengan cuka ataupun sitrun (citric acid). Namun, berbeda dengan warganet di akun TikTok @rumahfd, ia punya tiga bahan lain yang nggak kalah ampuh membantu rice cookernya jadi kinclong lagi. Lantas, penasaran gimana triknya?

"Jujur baru sekali ini deep cleaning rice cooker padahal ni rc udah hampir 7th mendapingi, kotornya mana tahan kan," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @rumahfd pada Rabu (22/11).

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya