Tanpa sitrun, begini cara bersihkan kerak gosong di dasar rice cooker pakai 2 bahan sederhana

Tanpa sitrun, begini cara bersihkan kerak gosong di dasar rice cooker pakai 2 bahan sederhana
TikTok/@angieamandaaa

Brilio.net - Saat hendak menanak nasi, kini banyak orang mengandalkan rice cooker. Alat elektronik satu ini bisa membuat proses menanak nasi jadi lebih cepat dan praktis. Tak hanya itu, menanak dengan rice cooker juga bisa menghasilkan nasi yang pulen dan lembut.

Tapi meskipun rutin digunakan, kebanyakan orang hanya membersihkan bagian pancinya saja. Memang panci rice cooker dipakai untuk menampung beras yang hendak dimasak. Selain itu, panci rice cooker juga menjadi wadah untuk menyimpan nasi yang sudah matang.

Akan tetapi, bukan hanya bagian panci yang rentan kotor. Komponen rice cooker lain seperti heating element (elemen pemanas) juga bisa kotor dan menghitam. Elemen pemanas ini berada di dasar rice cooker yang berfungsi untuk menghantarkan energi panas pada panci.

Nah, bagian dasar rice cooker yang terus menghantarkan panas ini cenderung mudah gosong. Apalagi jika bagian bawah panci rice cooker cenderung basah atau kotor. Nah, sisa air atau kotoran tersebut bisa jadi gosong dan menempel di dasar rice cooker (heating element).

Jika dibiarkan begitu saja, noda gosong ini bisa mengerak dan sulit dibersihkan. Mau tak mau, butuh bahan khusus untuk membersihkan kerak yang telanjur gosong tersebut. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah sitrun. Bahan satu ini dipercaya dapat mengangkat kerak gosong yang membandel sekalipun.

Namun selain sitrun, sebenarnya ada bahan lain yang lebih mudah didapat. Seorang pengguna TikTok @angieamandaaa pernah membagikan bahan sederhana yang digunakan dalam membersihkan bagian dasar rice cooker ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya