Bukan pakai garam, ini cara cepat basmi noda kunyit membandel di pisau blender pakai 2 bahan dapur

Bukan pakai garam, ini cara cepat basmi noda kunyit membandel di pisau blender pakai 2 bahan dapur
TikTok/@angieamandaaa

Brilio.net - Kunyit termasuk salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Warnanya kuning, membuat kunyit kerap dipakai sebagai pewarna alami masakan. Tak hanya itu, kunyit juga bisa menambah cita rasa sedap sebuah masakan.

Saat hendak digunakan, biasanya kunyit akan dihaluskan terlebih dahulu. Proses menghaluskan ini pun bisa dilakukan dengan berbagai macam alat. Salah satunya adalah blender atau chopper. Alat ini lebih sering dipakai karena dinilai praktis dan bikin hemat waktu masak.

Sayangnya, warna kunyit yang terang bisa meninggalkan noda kuning di blender. Baik pada wadah atau gelas blender, maupun pada bagian pisaunya. Noda kuning ini berasal dari zat aktif bernama kurkumin yang bisa menempel di permukaan benda.

Noda kunyit yang menempel ini terbilang sangat membandel dan sulit dibersihkan, lho. Jika menempel di wadah blender, biasanya noda kunyitnya bisa digosok kuat dengan sabun cuci piring. Tapi jika nodanya berada di bagian pisau blender, akan semakin sulit membersihkannya karena noda tersebut tidak bisa digosok dengan mudah.

Banyak orang kemudian memutar otak untuk membasmi noda kunyit di pisau blender ini. Salah satunya ada yang memilih merendam pisau blender dengan air garam. Penggunaan garam dipercaya dapat melunturkan noda kunyit yang menempel kuat pada pisau blender ini.

Namun selain garam, sebenarnya ada bahan dan metode lain yang lebih praktis dilakukan. Seorang pengguna TikTok @angieamandaaa pernah membagikan cara cepat basmi noda kunyit membandel di pisau blender miliknya. Bukan dengan garam, dia memilih menggunakan dua bahan dapur lain yang lebih ampuh dalam mengangkat noda kunyit pada pisau blender.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya