Trik mudah menghilangkan bau cabai di blender, ampuh tanpa air panas

Trik mudah menghilangkan bau cabai di blender, ampuh tanpa air panas
YouTube/RJnina

Brilio.net - Banyak peralatan dapur elektronik yang bisa memudahkan kamu saat memasak. Salah satunya adalah blender. Alat dapur satu ini bisa diandalkan untuk menghaluskan berbagai macam bahan makanan. Mulai dari bahan makanan yang bertekstur lembut hingga keras, baik sayuran, buah, daging, sampai es batu.

Pada dasarnya berbeda bahan, bisa beda pula jenis blender yang harus digunakan. Bukan tanpa sebab, blender memiliki mata pisau yang didesain sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bentuk gelasnya juga menyesuaikan bahan makanan yang diblender. Untuk menghaluskan sayur dan buah, gelas blendernya cenderung cekung dan tinggi. Sedangkan untuk menghaluskan bumbu, gelas blender berbentuk lebih kecil.

Di pasaran, blender khusus bumbu banyak ditawarkan dalam bentuk chopper. Jenis blender ini digunakan untuk menghaluskan bumbu dan daging dengan tekstur semi basah. Buat kamu yang sedang mencari chopper terbaik, berikut rekomendasinya yang bisa kamu coba.

Idealnya, menghaluskan bumbu dan buah memang harus dipisahkan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kini banyak orang sering menghaluskan kedua bahan tersebut di satu gelas blender yang sama. Padahal aroma dan warna dari bumbu bisa memengaruhi buah atau bahan makanan lain yang hendak diblender.

Salah satu jenis bumbu dapur yang paling menyengat adalah cabai. Blender yang telah dipakai untuk menghaluskan cabai biasanya akan beraroma pedas. Saat dipakai untuk menghaluskan bahan makanan lain, akan sangat mungkin aroma pedasnya ikut terasa.

Memang perlu cara khusus untuk menghilangkan bau dan rasa cabai di blender. Sejumlah orang memilih menggunakan air panas yang dicampur sabun cuci piring. Pasalnya, air panas ini bisa membuat aroma cabai pada gelas blender jadi hilang.

Namun penggunaan air panas ini bukan tanpa risiko, lho. Menuang air panas ke gelas blender sebenarnya tidak dianjurkan karena bisa berpotensi membuat mesinnya rusak. Selain itu, gelas blender juga bisa jadi retak.

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan alternatif lain, lho. Seorang pengguna YouTube RJnina pernah membagikan cara mudah dalam menghilangkan bau cabai di blender ini. Walau tanpa air panas, namun bau cabai bisa benar-benar hilang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya