Tanpa air panas, begini cara bersihkan blender dari sisa cabai dan minyak membandel

Tanpa air panas, begini cara bersihkan blender dari sisa cabai dan minyak membandel
Pexels/cottonbro studio

Brilio.net - Zaman sekarang orang-orang sudah mulai meninggalkan peralatan dapur tradisional, seperti ulekan yang berfungsi menghaluskan bumbu masakan. Pasalnya, di pasaran sudah tersedia aneka blenderataupun alat penghalus makanan lain dengan harga bersahabat. Alhasil, proses menghaluskan bumbu jadi lebih mudahkarena alat tersebut.

Namun, banyak yang memilih untuk menggunakan satu blender saja untuk menghaluskan segala bahan. Tak hanya bumbu, tapi bisa pula dipakai untuk buah, bahan kue, dan lain sebagainya. Kalau satu blender digunakan untuk aneka hidangan, penting buat membersihkan alat dapur ini dengan baik setiap selesai digunakan, ya.

Sebab, terkadang ada sudut di bagian dalam blender yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Kalau bahan makanan yang masih tertinggal adalah sisa bumbu seperti cabai, minyak, atau rempah-rempah lain, bisa-bisa saat memblender bahan makanan berbeda di lain waktu, rasanya otomatis tercampur dengan sisa bumbu yang tertinggal itu, kan?

Pastinya bisa bikin kesal saat memblender buah tapi jadi ada rasa cabainya karena blender belum benar-benar bersih saat digunakan. Selain menggunakan sabun cuci piring, ada pula bahan lain yang efektif membantu membersihkan sisa cabai ataupun minyak di blender, lho. Bahan yang sering dipakai adalah cuka, jeruk nipis, ataupun baking soda.

Tapi, kalau tak ada bahan-bahan tersebut, jangan bingung dulu nih, karena kamu bisa meniru cara yang dipraktikkan oleh warganet di akun YouTube Leha Home.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya