Modal Rp2.000, begini cara cepat bersihkan tungku kompor berkerak tanpa direndam air

Modal Rp2.000, begini cara cepat bersihkan tungku kompor berkerak tanpa direndam air
foto: TikTok/@daily_miwa

Brilio.net - Kompor dikenal sebagai salah satu perabot dapur yang mudah sekali kotor. Bagaimana tidak, segala aktivitas memasak, seperti menggoreng, merebus, mengukus makanan dilakukan dengan kompor. Biasanya noda dari proses memasak tersebut kerap tercecer dan mengotori kompor.

Memang pada dasarnya, kompor harus selalu dibersihkan sesaat setelah memasak. Namun biasanya, bagian kompor yang dibersihkan hanya bodinya saja. Sedangkan komponen lain, seperti tungku kompor sering luput dari perhatian.

Padahal tungku ini juga termasuk komponen kompor yang paling rentan kotor, lho. Noda dari cipratan minyak, tumpahan kuah, sisa bahan makanan atau masakan seringkali jatuh dan mengenai tungku kompor ini. Noda dan kotoran ini lantas terkena paparan api kompor yang panas. Alhasil, noda dan kotoran tersebut jadi kering dan mengerak.

Seiring penggunaan, kerak pada tungku kompor ini bisa menebal dan sulit dibersihkan, lho. Bahkan saking tebalnya, tungku kompor harus direndam dalam air dengan waktu yang lama supaya keraknya bisa lunak dan mudah disikat. Dalam beberapa kasus, tungku kompor yang sudah direndam bahkan masih harus disikat kuat supaya keraknya benar-benar terangkat.

Padahal jika tahu tips khususnya, membersihkan tungku kompor tidak sesulit itu, lho. Bahkan kamu tak perlu bahan pembersih khusus yang dijual dengan harga yang mahal dalam membersihkan tungku kompor ini. Hanya modal Rp2.000 saja, tungku kompor bisa jadi kinclong lagi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya