Cara membersihkan kerak tungku kompor gas ini cuma pakai 2 bahan dapur, kinclong seperti baru

Cara membersihkan kerak tungku kompor gas ini cuma pakai 2 bahan dapur, kinclong seperti baru
YouTube/BERBAGI DUNIA

Brilio.net - Kompor yang digunakan setiap hari tentu akan mudah sekali kotor. Bukan hanya di bagian badan kompor, area tungku juga berpotensi dipenuhi dengan sisa makanan atau penggunaan minyak. Bahkan tungku kompor ini sebenarnya jadi bagian yang paling rentan kotor, lho.

Hal ini lantaran tungku kompor berada di bagian bawah panci atau wajan. Sisa makanan, air, atau minyak dari proses memasak pasti akan langsung jatuh ke tungku kompor tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, sisa makanan dan noda-noda lain akan menumpuk kemudian berubah jadi kerak.

Padahal kerak pada tungku kompor ini sangat sulit dibersihkan, lho. Terlebih jika kondisi kerak sudah sangat tebal. Jika sudah begitu, tungku kompor jadi sangat sulit dibersihkan.

Tapi sebenarnya ada beberapa cara praktis untuk membersihkan tungku kompor berkerak tersebut. Salah satunya dengan cara disikat bersama baking soda dan cuka. Atau bisa juga direndam air biasa agar kerak melunak.

Selain dengan cara tersebut, rupanya ada juga cara lain yang lebih efektif, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama BERBAGI DUNIA melalui salah satu unggahannya. Dalam video berjudul Cara Mudah Bersihkan Kerak Tungku Kompor Gas, dia menggunakan tungku kompor yang rupanya sudah tidak dibersihkan selama lebih dari satu tahun. Satu tahun membuat kerak komporbegitu menumpuk dan sulit dibersihkan, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya