10 Makanan ini bisa jadi penyebab hipertiroid, perlu dihindari

10 Makanan ini bisa jadi penyebab hipertiroid, perlu dihindari
foto: Pexels/Liza Summer

Brilio.net - Baru-baru ini tengah ramai dibicarakan soal kondisi kesehatan selebriti Tanah Air Indra L. Bruggman. Ia divonis menderita hipertiroid, yaitu kondisi tubuh yang memproduksi hormon secara berlebih. Gejala yang dialami pemain sinetron Janji Suci ini di antaranya mudah lelah, detak jantung lebih cepat dari biasanya, berkeringat saat tidur, gelisah, berat badan turun drastis, dan lain-lain.

Sebelum mengetahui penyakitnya tersebut, Indra L. Bruggman sempat berobat ke psikiater lantaran berpikir mengalami gangguan mental. Setelah itu, ia memutuskan untuk menemui dokter saraf. Rupanya, penyakit hipertiroid yang diderita Indra L. Bruggman juga pernah diderita sang ibu.

"Akhirnya setelah melihat hasil darah disimpulkan saya mengalami hipertiroid dan almarhumah mamah saya ternyata mengalami riwayat kesehatan yang sama. Saya pun pergi ke spesialis tiroid dan diberikan obat. Alhamdulillah setelah sebulan lebih, kondisi saya sudah pulih berat badan sudah naik 6kg," tulis Indra Bruggman di Instagram pribadinya/@indrabruggman.

Dilansir dari healthline.com, kebanyakan penyebab hipertiroid ini bisa karena stres. Namun, hal ini juga dapat dipicu dari penyebab lainnya yang membuat gejala semakin parah. Misalnya, imun tubuh yang menurun, pola makan yang kurang tepat buat kebutuhan tubuh, dan lain sebagainya.

Makanya penting buat menjaga pola makan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing, karena setiap tubuh orang berbeda-beda. Dilansir dari hindustantimes.com, sejumlah makanan bisa berfungsi buat mencegah hipertiroid ini. Misalnya dengan memperbanyak konsumsi makanan utuh, makan biji-bijian, dan lain sebagainya.

Namun, ada pula beberapa makanan yang justru bisa memicu hipertiroid maupun membuatnya semakin parah, sehingga lebih baik dikurangi atau dihindari sama sekali. Berikut 10 makanan bisa jadi penyebab hipertiroid, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (14/6).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya