10 Trik Mama Amy bikin semur jengkol, nikmat dan tidak bau

18 / 08 / 2022 15:02 WIB Nadhifah
10 Trik Mama Amy bikin semur jengkol, nikmat dan tidak bau
Instagram/@amy_r_qanita

Brilio.net - Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika resep masakan rumahan satu ini banyak dicari. Olahan jengkol memiliki cita rasa yang nikmat. Terlepas dari baunya yang kurang sedap dan menyengat, jengkol tetap memiliki tekstur empuk dan legit.

Jengkol memang begitu menggoda bagi para penggemarnya. Tak salah, jika banyak orang mengolahnya menjadi berbagai menu hidangan yang menggiurkan. Salah satunya adalah Amy Qanita atau yang lebih dikenal Mama Amy. Ibu dari Raffi Ahmad ini sengaja mengolah jengkol menjadi bahan utama dalam membuat semur.

Dibantu besannya, Rieta Amilia, Mama Amy menjelaskan setiap langkahnya saat memasak jengkol. Melalui video YouTube pribadinya tersebut, ia bahkan tak pelit membagikan tips dan trik untuk meredam bau jengkol agar tidak bau dan menyengat.

Dipadukan dengan berbagai bahan dan bumbu, olahan jengkol buatan Mama Amy ini mudah dan bisa kamu coba di rumah, lho. Selain cara membuatnya yang mudah, semur jengkol tersebut juga cocok disajikan sebagai lauk pendamping sepiring nasi hangat.

Tak perlu khawatir akan baunya, karena Mama Amy sudah membagikan trik khusus. Lengkap dengan bahan dan cara memasak, berikut telah BrilioFood rangkum dari YouTube/Mama Rieta pada Kamis (18/8).

Bahan:
- Daun salam
- Serai
- Jengkol
- Bawang goreng, blender
- Cabai merah
- Lengkuas
- Merica
- Garam
- Gula Jawa
- Kaldu jamur
- Minyak goreng
- Santan kental


(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya