15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana
Gampang Ditiru. |

9. Digosok pakai cuka, lemon, dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: YouTube/ResepMasakan13

Ada cara lain yang bisa kamu tiru untuk mencuci talenan kotor. Cara ini sempat dibagikan oleh pengguna YouTube ResepMasakan13. Dia menunjukkan penampakan talenan plastiknya yang terlihat kotor. Nggak cuma noda, namun bagian permukaan talenan pun dipenuhi goresan pisau.

Taruh talenan di permukaan datar yang sudah diberi alas supaya nanti larutan pembersih nggak muncrat.

Tanpa perlu dibasahi dulu, langsung tuang cuka makan secukupnya ke atas talenan. Bukan pakai spons, namun warganet satu ini menggunakan potongan jeruk lemon untuk menggosok permukaan talenan.

Penggunaan jeruk lemon dipercaya ampuh mengangkat segala noda di permukaan talenan. Dilansir dari thespruce.com, kandungan asam sitrat di dalam lemon dapat menghilangkan noda air dan sisa lemak di peralatan dapur. Gosok-gosok secara perlahan dan menyeluruh, ya. Lama-kelamaan noda hitam di permukaan talenan pun memudar.

Selain digosok berulang kali, warganet satu ini juga menggunakan pisau untuk mengerik permukaan talenan. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan sisa lemak dan kotoran yang mengerak di talenan.

"Lebih cepat dibersihkan kalau dikerik pakai pisau gini," ucapnya.

Terakhir, cuci talenan plastik pakai sabun cuci piring biasa. Jangan lupa bilas talenan di bawah air mengalir, ya. Pastikan seluruh permukaan talenan sudah bersih dan nggak licin lagi.

10. Digosok pakai soda kue, cuka, dan garam.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: TikTok/@sabakimia_

Ada trik lain yang lebih mudah untuk membersihkan noda pada talenan plastik, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @sabakimia_. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk membersihkan noda kunyit membandel di talenan plastik.

Bahan dapur yang dimaksud adalah garam, soda kue, dan cuka. Nah, ketiga bahan ini tidak dicampur, ya, melainkan digunakan secara bertahap satu per satu. Dengan begitu, noda kunyitnya bisa hilang.

Untuk cara pakainya lebih lanjut, basahi dulu permukaan talenan plastik dengan air panas. Setelah itu, taburi talenan dengan garam yang cukup banyak. Jika ada, kamu bisa menggunakan garam kasar yang memiliki sifat abrasif lebih tinggi dibandingkan garam halus.

Setelah itu, ratakan garam ke seluruh area talenan, khususnya yang terkena noda kunyit. Untuk hasil maksimal, ratakan dengan tangan, ya. Namun pastikan kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan agar lebih aman dan meminimalisir adanya iritasi kulit.

Jika garamnya sudah rata, taburkan soda kue ke permukaan talenan plastik. Lalu ratakan lagi dengan tangan. Terakhir, tuang cuka secukupnya. Setelah itu, ratakan dan gosok-gosok sedikit menggunakan tangan.

Setelah semua bahan-bahan dicampur merata, diamkan dulu selama 30 menit. Durasi ini bisa disesuaikan dengan keparahan noda, ya. Jika noda kunyitnya sangat banyak dan membandel, kamu bisa mendiamkannya lebih lama.

Selanjutnya, siram talenan dengan air panas. Sesaat setelah dibilas, talenan plastik ini tampak lebih kinclong dan putih, lho. Namun jika dirasa masih ada noda kunyit yang membandel, kamu bisa mengulangi proses pembersihan tersebut. Dijamin, talenan plastik yang dekil dan kuning akan kembali putih.

11. Digosok pakai garam dan jeruk nipis.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: TikTok/@dusdusanofficial

Sebenarnya ada cara lain yang nggak kalah efektif dalam menghilangkan noda kuning di talenan plastik. Salah satu pengguna TikTok bernama @dusdusanofficial pernah membeberkan bahan dan cara yang dilakukan untuk menghilangkan noda kuning tersebut. Bahan yang dipakai tak lain adalah jeruk nipis dan garam.

Pertama-tama, belah jeruk nipis jadi dua atau tiga bagian. Lalu peras airnya secara langsung di atas noda kuning talenan. Setelah diberi perasan jeruk nipis, taburi area tersebut dengan garam.

Selanjutnya, gosok-gosok noda tersebut menggunakan sisa potongan jeruk nipis tadi. Dilansir dari tampabay.com, kadar asam yang tinggi pada jeruk nipis dan sifat abrasif garam akan mengangkat noda kuning membandel sekaligus membantu menjaga talenan tetap bersih. Bau yang ditimbulkan dari dua bahan ini juga cenderung wangi dan segar.

Gosok-gosok terus hingga noda kuningnya hilang. Jika sudah, bilas talenan, lalu cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci piring dan sikat. Pada tahap ini, jangan lupa gosok-gosok lagi sampai nodanya benar-benar bersih. Nah, talenan yang sudah bebas noda kuning inipun bisa dikeringkan dulu sebelum siap digunakan.

12. Digosok pakai jeruk nipis, cuka, dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: YouTube/Mama Rezky

Ternyata ada cara mudah untuk mengubah talenan kotor jadi bersih dan kinclong kembali. Untuk mempraktikkan cara ini kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan sederhana, yaitu cuka makan dan satu buah jeruk nipis, kedua bahan ini di 2 tahun lalu bisa kamu beli di pasaran seharga Rp3.000 saja.

Basahi terlebih dahulu seluruh permukaan talenan dengan air mengalir. Setelah itu, iris jeruk nipis menjadi 2 bagian sama besar. Sisihkan.

Tambahkan beberapa tetes cuka makan di atas talenan yang akan dibersihkan. Untuk meratakan sekaligus menggosoknya, gunakan jeruk nipis yang sudah diiris tadi."Gosok talenan menggunakan kulit jeruk nipis," jelasnya.

Selanjutnya, kerik bagian permukaan talenan yang kasar dengan pisau. Lakukan hal yang sama, hingga seluruh permukaan talenan menjadi halus. Lalu diamkan talenan selama 5-10 menit.

Setelah didiamkan selama 5-10 menit, gosok kembali permukaan talenan dengan kulit jeruk nipis tadi. Jika dirasa sudah bersih, cuci talenan dengan sabun cuci piring biasa.

Terakhir, bilas talenan di bawah air mengalir. Pastikan seluruh permukaan talenan terbebas dari kotoran dan sabun. Alhasil talenan pun menjadi bersih maksimal dan siap untuk langsung digunakan.

13. Digosok pakai pasta gigi, soda kue, dan cuka.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Jika talenanmu sudah kotor, jangan sedih dulu. Karena ternyata ada cara praktis untuk membersihkannya hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana saja, yakni pasta gigi, soda kue, dan cuka makan.

Cara ini dibagikan oleh seorang warganet bernama Zulaikha pratiwy. Dia memberikan tutorial bagaimana cara membersihkan talenan plastik dengan maksimal.

Perempuan satu ini menunjukkan penampakan talenan plastik miliknya. Karena sering dipakai, talenannya pun penuh noda kuning bahkan di beberapa bagian sudah menghitam.

Langkah pertama, siram talenan dengan air panas. Setelah basah, olesi seluruh permukaan talenan dengan pasta gigi.

Gosok-gosok hingga pasta gigi merata. Lalu, perempuan ini menambahkan secukupnya soda kue dan cuka makan di atas talenan plastik. Kedua bahan ini dinilai cukup efektif untuk menghilangkan noda membandel yang ada di peralatan dapur.

Alhasil noda kuning dan hitam pun hilang seketika. Setelah dirasa cukup bersih, cuci talenan dengan cara biasa. Jangan lupa, bilas talenan hingga bersih maksimal.

14. Digosok pakai garam, cuka, dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: YouTube/Sepoi Sepoi

Dalam mengatasi jamur pada talenan kayu, seorang warganet YouTube dengan akun Sepoi Sepoi membeberkan sebuah triknya. Dia mengaku tidak hanya mengandalkan sabun cuci piring karena masih bisa membuat jamur tumbuh kembali.

Pengguna YouTube tersebut juga memanfaatkan dua bahan dapur lain untuk membasmi jamur pada talenan kayu. Bahan dapur ini adalah garam dan cuka. Kedua bahan ini dapat membuat jamur benar-benar bisa hilang dan tidak mudah tumbuh lagi.

Untuk proses mencucinya, cukup taburi permukaan talenan dengan garam. Lalu gosok-gosok menggunakan tangan untuk membersihkan sisa bahan makanan dan jamur yang terlanjur tumbuh. Lakukan proses ini di kedua sisi talenan kayu. Setelah itu, bilas talenan dengan air mengalir untuk melunturkan sisa garam dan kotoran.

Selanjutnya, siapkan air hangat dalam ember. Banyaknya air hangat ini bisa disesuaikan, asalkan talenan bisa benar-benar terendam nantinya. Jika sudah, tuang cuka dapur ke dalamnya dan aduk merata.

Masukkan talenan kayu yang sudah digosok dengan garam tadi. Dalam video tersebut, pengguna YouTube Sepoi Sepoi juga merendam alat masak berbahan kayu lain seperti spatula. Nah, rendam alat masak ini selama 15 menit. Proses ini dilakukan sebagai cara sterilisasi talenan agar tidak mudah ditumbuhi jamur nantinya.

Jika sudah direndam, barulah kemudian cuci talenan menggunakan sabun cuci piring. Terakhir, jemur talenan di bawah sinar matahari. Hal ini akan membuat talenan benar-benar kering dan bebas jamur ketika disimpan kembali.

15. Direndam pakai sabun, sitrun, dan baking soda, lalu digosok.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: YouTube/mbakmie cooking channel

Untuk membersihkan noda membandel tersebut, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan tambahan. Seorang warganet yang akrab disapa Mbakmie di media sosial membagikan cara menghilangkan noda membandel pada talenan tanpa cairan pemutih. Ia membersihkan talenan plastik dengan bahan yang biasa ada di dapur, yakni sabun, bubuk citrun, serta baking soda.

Sabun cuci piring harus dicampur terlebih dahulu dengan air. Kamu bisa gunakan wadah apapun untuk menampung cairan sabun ini. Dalam unggahannya, Mbakmie menggunakan botol spray berukuran 200 ml agar sabun tetap bisa dipakai untuk lainnya. Setelah sabun dan airnya menyatu, semprotkan ke seluruh permukaan talenan sampai merata.

Jika talenan sudah basah dengan air sabun, taburi seluruh permukaan talenan dengan bubuk citrun. Cukup gunakan setengah plastik kecil saja. Kemudian, Mbakmie juga menaburi talenannya dengan baking soda pada seluruh permukaan talenan. Selanjutnya, diamkan talenan yang sudah dioles tersebut selama minimal satu jam.

Setelah didiamkan, talenan bisa disikat menggunakan kawat cuci piring. Letakkan juga talenan di dalam baskom, kemudian siramkan dengan air untuk melihat apakah talenan sudah bersih. Jika masih ada sisa noda, bisa lanjut sikat talenan sampai permukaannya benar-benar bersih. Kalau talenan sudah bersih dari noda, bisa dibilas menggunakan air dan dikeringkan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya