15 Trik mengatasi tabung gas bocor ini antiribet, andalkan alat sederhana

15 Trik mengatasi tabung gas bocor ini antiribet, andalkan alat sederhana
foto: TikTok/@nadiapurwanto445

Brilio.net - Gas elpiji (LPG) banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Oleh karena itu, tabung gas harus selalu dalam kondisi penuh saat digunakan. Jika gas habis, orang akan menggantinya dengan tabung gas LPG yang baru.

Namun dalam beberapa kasus, tabung gas (bagian karet merahnya) terkadang sudah longgar sehingga saat dipasang regulator, tabung gas tersebut mendesis. Suara desis tersebut menandakan adanya kebocoran gas. Akhirnya banyak orang mencari cara mengatasi hal tersebut. Ada yang memilih menukarnya dengan tabung gas yang baru. Namun ada juga yang memilih mengatasinya dengan mengandalkan alat sederhana yang ada di rumah, seperti obeng, pisau, plastik, karet gelang, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang mengalami permasalahan serupa, nggak perlu buru-buru mengganti karet gas dengan yang baru. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan bantuan alat sederhana tersebut. Berikut 15 trik mengatasi tabung gas bocor yang antiribet seperti dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Kamis (7/3).

1. Pakai selang air.

15 Trik mengatasi tabung gas bocor ini antiribet, andalkan alat sederhana

foto: YouTube/CARA UNIK

Pengguna YouTube CARA UNIK mengaku menggunakan bahan lain untuk mengatasi tabung gas elpiji yang bocor. Bahan yang digunakan berasal dari barang bekas, yakni selang air yang tidak terpakai. Tak perlu ukuran panjang, hanya beberapa sentimeter saja yang akan dipakai untuk mengatasi tabung gas bocor ini.

Untuk mengukurnya lebih jelas, kamu bisa memasukkan ujung lubang selang ke regulator tabung gas. Pastikan ukuran lubang selang dan regulator benar-benar pas, ya. Jika terlalu sempit, kamu bisa membakar ujung lubang selang terlebih dahulu. Lalu pasang lagi sampai selangnya benar-benar bisa menutupi ujung regulator.

Lantas jika ukuran lubangnya dirasa pas, cabut selangnya. Lalu potong bagian ujung selangnya agar bisa pas dengan panjang lubang regulator. Setelah itu, pasang kembali selang tersebut ke regulator. Nah, regulator ini pun siap digunakan.

Namun sebelum dipasang ke tabung gas, pastikan seal merah (bawaan) yang ada di lubang tabung gas sudah dilepas, ya. Barulah kemudian pasang regulator ini seperti biasa. Pengguna YouTube CARA UNIK mengaku tidak ada bunyi gas yang mendesis sesaat setelah regulatornya dipasang ke tabung gas. Hal ini menandakan bahwa gas tak lagi bocor sehingga aman digunakan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya