5 Cara membersihkan karat di wajan, gunakan bahan dapur

17 / 06 / 2021 11:00 WIB Intan Palupi
5 Cara membersihkan karat di wajan, gunakan bahan dapur
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Saat kamu memiliki peralatan masak di dapur, pasti ada kemungkinan jika peralatan tersebut akan berkarat. Padahal peralatan masak adalah suatu alat yang penting, apalagi wajan. Wajan bisa kamu gunakan sehari-hari untuk menggoreng.

Jika sudah berkarat, peralatan dapurmu akan mudah rapuh hingga memiliki sifat racun. Nggak cuma itu saja, sifat racun tersebut bisa membahayakan peralatan masak lain yang kamu punya. Jika kamu memiliki wajan yang sudah berkarat, jangan langsung membuangnya.

Padahal wajan yang berkarat dapat kamu bersihkan dengan peralatan dapur dan caranya gampang lho. Berikut lima cara membersihkan karat di wajan dengan gunakan bahan dapur, seperti Brilio Food lansir dari berbagai sumber, Kamis (17/6).

1. Cuka putih.

wajan berkarat  freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu menemukan wajanmu berkarat, kamu dapat menggunakan cuka putih untuk membersihkannya. Pertama, merendam wajan pada wadah yang berisi cuka selama satu malam. Setelah merendamnya, kamu bisa menggosok wajan dengan sikat yang berbahan kawat.

2. Lemon dan garam.

wajan berkarat  freepik.com

foto: freepik.com

Kedua, kamu dapat menggunakan lemon dan garam. Caranya cukup mudah, lapisi wajan dengan menggunakan garam. Kemudian peras air lemon, tunggu 1 sampai 2 jam. Kemudian, gosok area berkarat dengan kulit lemon. Terakhir, jangan lupa bilas ya.

3. Baking soda.

wajan berkarat  freepik.com

foto: freepik.com

Kamu juga dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan karat lho. Campur baking soda dengan air sampai membentuk pasta. Lalu, balurkan pada area wajan yang berkarat. Tunggu 1 sampai 2 jam, kemudian sikat wajan dengan sikat kawat, bilas sampai bersih.

4. Kentang.

wajan berkarat  freepik.com

foto: freepik.com

Kentang dapat kamu gunakan untuk membersihkan wajan yang berkarat lho. Caranya, potong kentang, olesi kentang dengan sabun pencuci piring dan garam, lalu gosok area berkarat dengan kentang tersebut. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

5. Air soda.

wajan berkarat  freepik.com

foto: freepik.com

Air soda juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan karat lho. Caranya, tuangkan air soda ke are wajan yang berkarat. Lalu, gosok dengan kain yang sudah dibasahi dengan air soda. Gosok sampai karat menghilang dan cuci bersih.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya