5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi
Cuma pakai 3 bahan |

Bahkan, lantaran tidak menggunakan santan, olahan isi onde-onde ini juga jadi tidak mudah basi.

"Kali ini Bunda Cinta mau bikin isian onde-onde yang hasilnya itu seperti ini nih bun, ini sangat keset dan punel sekali. Ini bahan-bahannya juga sederhana sekali, cara buatnya juga mudah ya, nggak ribet," jelasnya dikutip dari YouTube Love Moms.

Intip cara pembuatannya di bawah ini, yuk. Berikut lima cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana yang lembut dan tidak cepat basi, dilansir BrilioFood dari YouTube Love Moms pada Selasa (24/1).

Bahan yang dibutuhkan:
- 500 gr kacang hijau kupas
- 250 gr gula pasir
- 5 sdm susu kental manis

Cara membuat:

1. Kukus kacang hijau kupas selama 15 menit. Pastikan air kukusannya sudah mendidih terlebih dahulu saat kacang hijau dimasukkan.

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

foto: YouTube/Love Moms

2. Haluskan kacang hijau dan gula menggunakan chopper sampai rata dan teksturnya lembut.

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

foto: YouTube/Love Moms

3. Masukkan kacang hijau dan gula yang sudah dihaluskan ke dalam teflon antilengket. Tuangkan juga susu kental manis.

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

foto: YouTube/Love Moms

4. Selanjutnya, masak adonan tersebut menggunakan api sedang sambil terus diaduk biar nggak mudah gosong.

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

foto: YouTube/Love Moms

5. Saat adonan sudah sedikit berubah warna, merata, dan keset, artinya adonan isi onde-onde sudah matang dan bisa didinginkan sebelum dipakai.

5 Cara membuat isian onde-onde pakai bahan sederhana, lembut dan tidak cepat basi

foto: YouTube/Love Moms

Gimana, simpel banget kan cara bikin isian onde-onde seperti ini? Unggahan di YouTube Love Moms ini juga mendapat banyak atensi dari warganet, lho. Selain sudah ditonton hingga 94.990 kali, unggahan ini juga mendapat aneka komentar antusias dari warga YouTube lainnya.

"Terima kasih bunda resep nya," kata YouTube Laurensia Retno H.

"wah mantep bun
suka beli ondeh2 dan cepat banget basi apa lagi kalo ada yg pake kelapa," ungkap YouTube Shena Chan.

"Tidak pake santan kah bun?" tanya YouTube YuliAsri Lestari.

"Kak kalo kacang hijaunya di rebus gitu berpengaruh pd hasil akhir?" kata YouTube Layla Farida.

"Trims resepnya tapi saya pakai alat untuk menghaluskan kacang hijau nya pakai ulegkan ya," jelas YouTube Angga Sitta Ratri.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan This or That, enakan kebab pertama di Indonesia atau kebab kekinian?

  • Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

    Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

Review

Selengkapnya