Cara unik bikin telur gulung tanpa minyak dan wajan ini bisa dijual Rp 1.000, hasil tetap mulus

Cara unik bikin telur gulung tanpa minyak dan wajan ini bisa dijual Rp 1.000, hasil tetap mulus
foto: TikTok/@manyulll

Brilio.net - Telur gulung jadi jajanan yang digandrungi oleh banyak kalangan. Mulai dari yang muda hingga tua, pasti tak bisa menolak kelezatan telur gulung. Selain enak, harganya yang ekonomis juga bikin telur gulung ini jadi camilan favorit.

Menilik dari proses pembuatannya, telur gulung biasanya dibuat dari adonan telur yang dikocok dan digoreng sedikit demi sedikit. Dalam proses penggorengan ini, biasanya minyak yang digunakan akan memengaruhi tekstur telur. Minyak goreng harus panas supaya adonan telur bisa menyebar dan mudah digulung menggunakan lidi.

Saat menggoreng telur gulung, komponen paling penting yang harus juga diperhatikan adalah kuantitas minyak. Minyak yang digunakan ini memang harus banyak supaya telur lebih bersarang dan mudah digulung nantinya. Sayangnya penggunaan minyak yang banyak ini membuat sebagian orang akan berpikir dua kali saat hendak menyantap telur gulung.

Pasalnya, penggunaan minyak banyak tentu bikin telur gulung jadi makanan yang kurang menyehatkan. Dilansir dari goodrx.com, makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak biasanya tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Penumpukan lemak tak sehat ini bisa berpotensi memicu penumpukan plak di arteri yang pada akhirnya akan berakibat pada penyakit jantung.

Namun jangan khawatir, sebenarnya kamu tetap bisa menyantap telur gulung tanpa minyak, lho. Salah satu pengguna TikTok bernama @manyulll pernah membagikan sebuah video tentang pedagang kaki lima penjual telur gulung. Berbeda dari pedagang telur gulung pada umumnya, pedagang tersebut tampak membuat telur gulung tanpa minyak dan wajan.

"Masaknya nggak pake wajan, tapi pakai teflon," terang TikTok @manyulll dikutip BrilioFood pada Selasa (24/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya