Trik membuat adonan tempe mendoan ini bikin hasilnya keriting dan gurih

Trik membuat adonan tempe mendoan ini bikin hasilnya keriting dan gurih
YouTube/Lilis Rahma

Brilio.net - Mendoan dikenal sebagai jenis gorengan yang berasal dari wilayah eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah. Kata mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yakni dari 'mendo' yang berarti setengah matang atau lembek. Nggak heran kalau tekstur mendoan memang berbeda dengan jenis gorengan lain yang cenderung renyah.

Dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, mendoan sebenarnya diracik dengan adonantepung dan air seperti gorengan pada umumnya. Namun karena hasil akhirnya harus lebih lembek, takaran tepung dan air yang digunakan pun cenderung berbeda. Adonan tersebut kemudian dijadikan sebagai pelapis tempe yang diiris tipis.

Selain teksturnya yang lebih lembek, biasanya tempe mendoan yang dijual pedagang kaki lima punya bentuk keriting. Bentuk keriting ini berasal dari adonan tepung yang diracik dengan pas. Dengan begitu, hasil tempe mendoan jadi lebih menarik dan menggugah selera.

Nah, untuk menghasilkan adonan tempe mendoan yang keriting, ada beberapa triknya. Salah satu pengguna YouTube bernama Lilis pernah membagikan adonan mendoan yang hasilnya keriting dan gurih. Racikan ini rupanya berasal dari beberapa eksperimen dan percobaan hingga akhirnya dia bisa membuat adonan yang keriting dan mirip seperti mendoan yang dijual pedagang kaki lima.

"Dan ternyata ada yang mirip banget hasilnya (saat meracik sendiri)," ungkap YouTube Lilis Rahma, dikutip BrilioFood pada Senin (23/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya