Cara simpel membuat susu kental manis cokelat, tanpa pengawet dan perisa buatan

Cara simpel membuat susu kental manis cokelat, tanpa pengawet dan perisa buatan
YouTube/TheHasanVideo

Brilio.net - Susu kental manis merupakan produk olahan susu yang sering dijadikan sebagai topping. Baik untuk campuran makanan atau minuman. Rasanya legit dan teksturnya kental, biasa bikin makanan manis atau dessert jadi makin creamy dan enak.

Pada umumnya, susu kental manis ini terbuat dari susu asli yang dicampur gula. Kedua bahan tersebut kemudian dimasak atau diolah hingga menghasilkan kekentalan yang pas. Namun selain susu dan gula, biasanya susu kental manis ini mengandung bahan lain, lho. Salah satunya adalah pengawet dan perisa makanan.

Kedua bahan tambahan tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing. Bahan pengawet dapat memperpanjang masa simpan susu kental manis. Sedangkan perisa makanan bisa menambah cita rasa susu kental manis agar semakin kuat.

Nah, jika ingin menghindari mengonsumsi bahan pengawet maupun perisa, kamu bisa mengonsumsi susu kental manis homemade, nih. Yup, susu kental manis pada dasarnya bisa dibuat sendiri di rumah dengan varian rasa yang beragam. Salah satu varian rasa yang bisa dibuat sendiri adalah cokelat.

Pembuatan susu kental manis cokelat ini tidak sesulit yang dibayangkan. Bahan-bahannya pun cenderung simpel dan mudah didapat. Proses pembuatan susu kental manis ini pernah dibagikan oleh seorang warganet bernama Hasan melalui YouTube TheHasanVideo.

Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku tidak menggunakan bahan pengawet atau perasa buatan. Hal ini tentu membuat susu kental manis cokelat buatannya jadi lebih sehat. Meskipun begitu, rasanya tetap enak.

"Karena terbuat dari susu asli, tanpa perisa buatan, tanpa pengawet, jadi SKM (susu kental manis) homemade ini rasanya lebih mantap dari yang ada di pasaran," ungkap YouTube TheHasanVideo.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung simak cara membuat susu kental manis cokelat yang telah dilansir BrilioFood dari YouTube TheHasanVideo pada Senin (23/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya