Cara mudah bikin dripper kopi sederhana, bisa manfaatkan botol minum

Cara mudah bikin dripper kopi sederhana, bisa manfaatkan botol minum
YouTube/Heri Bapake Farhan

Brilio.net - Dripper kopi merupakan salah satu alat untuk menyeduh bubuk kopi. Alat ini memiliki bentuk yang mirip cangkir kerucut. Bukan seperti cangkir biasanya, bagian bawah dripper ini dilengkapi dengan lubang berfungsi mengalirkan kopi yang sudah disaring oleh kertas filter.

Jadi prosesnya, bubuk kopi akan ditampung di bagian dalam dripper yang sudah dialasi kertas filter atau penyaring lain. Lalu kopi akan diseduh dengan air panas. Nah, tetesan kopi dari saringan tersebut lantas disajikan untuk diminum.

Pada umumnya, dripper ini digunakan untuk membuat kopi Vietnam drip atau V60. Dripper kopi ini memang bisa didapat dengan mudah di toko-toko online. Harganya pun cukup beragam, ada yang murah meriah dan terjangkau, namun ada pula yang cukup mahal.

Namun dripper kopi ini sebenarnya bisa dibuat sendiri, lho. Dengan alat-alat sederhana, kamu bisa membuat dripper kopi di rumah. Cara membuat dripper kopi ini bahkan pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Heri.

Melalui channel YouTube Heri Bapake Farhan, dia mengaku pernah membuat dripper kopi sederhana. Hal ini bermula ketika dia lupa membawa dripper kopi miliknya yang ada di rumah. Alhasil, dia pun memanfaatkan alat lain untuk membuat dripper kopi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya