Trik jitu mengolah bihun agar kenyalnya pas dan tidak mudah basi

Trik jitu mengolah bihun agar kenyalnya pas dan tidak mudah basi
foto: YouTube/aris kirana

Brilio.net - Bihun sering dijadikan bahan utama pada hidangan bakso, sup, lumpia, dan lainnya. Tahu nggak sih kalau bihun dikenal sebagai makanan sehat? Dilansir dari tarladalal.com, bihun punya kalori yang rendah dan bagus dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Makanan ini juga kaya akan serat, sehingga bermanfaat buat diet.

Bihun yang dijual di pasaran banyak jenisnya, lho. Namun, salah satu yang mudah ditemui adalah bihun dari jagung. Sebelum disajikan, biasanya bihun harus direbus terlebih dahulu. Tetapi, buat yang belum tahu cara mengolahnya, bihun bisa-bisa jadi overcooked (terlalu matang) sehingga teksturnya jadi sangat lembek saat disajikan.

Salah seorang warganet bernama Aris sempat membagikan cara mengolah bihun yang mudah untuk ditiru, nih. Menurutnya, mengolah bihun seperti yang biasa ia praktikkan bukan hanya bikin tekstur kenalnya pas, tetapi juga bikin bihun awet dan tidak cepat basi. Wah, cara masak bihun ini tampaknya cocok buat yang ingin jualan atau mengadakan hajatan.

"Di sini aku udah nyiapin panci ukuran sedang ya untuk perebusan bihunnya dan ini pakai air panas supaya mekar maksimal dan teksturnya kering ya. Kalau kita menggunakan air dingin, itu biasanya teksturnya tidak mau kering, basah, dan kalau bihun tidak habis, besoknya pasti akan basi kalau menggunakan air dingin," jelas Aris dikutip BrilioFood dari YouTube ris kirana, Sabtu (21/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya