5 Cara mendapatkan manfaat kesehatan jahe, nggak perlu ribet  

10 / 09 / 2021 23:59 WIB Yani Andriansyah
5 Cara mendapatkan manfaat kesehatan jahe, nggak perlu ribet  
medicalnewstoday.com

Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika jahe dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk penyedap masakan, juga banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena jahe dikenal memiliki nutrisi seperti B6, magnesium, dan mangan.

Rempah yang punya rasa kuat ini, di beberapa negara bahkan digunakan sebagai pembersih langit-langit mulut. Rasa kuat jahe disebabkan minyaknya yang dikenal sebagai gingerol. Minyak inilah yang telah dikaitkan dengan berbagai hasil kesehatan seperti penurunan peradangan dan bahkan penekanan sel kanker.

Jahe juga dapat membantu mengatasi mual dan mabuk perjalanan, termasuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Bahkan jahe juga bisa membantu meredakan nyeri yang dialami wanita selama siklus menstruasi.

Nah ada beberapa cara mengonsumsi jahe yang bisa kamu lakukan selama menjalani rutinitas, terlebih di masa pandemi seperti sekarang di mana lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apa saja ya?

1. Campurkan dalam salah satu resep masakan

5 Dapetin manfaat jahe  2021 brilio.netmedicalnewstoday.com

Kamu bisa memasukan jahe dalam salah sartu resep masakan yang kamu nikmati. Jika tidak bisa setiap hari, ya bisa untuk menu mingguan. Kamu bisa memasukkannya dalam masakan tumis, mie, sup, atau malah jika ingin yang sedikit unik bisa ditambahkan dalam koktail.

2. Teh jahe

5 Dapetin manfaat jahe  2021 brilio.netlifeisbetterwithtea.com

Banyak orang sudah merasakan bagaimana nikmatnya menambahkan jahe dalam sajian teh. Ini adalah cara yang nyaman untuk menghangatkan tubuh, terutama saat malam yang dingin. Disarankan membuat teh jahe dengan jahe segar. Cuci, lalu potong kecil jahe menjadi irisan tipis (tidak perlu dikupas).

Campurkan sekitar satu hingga dua cangkir air dan jahe dalam panci kecil dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama beberapa menit, lalu tuangkan melalui saringan halus dan ke dalam cangkir atau cangkir teh. Kamu juga bisa menambahkan madu, sirup maple, lemon, atau batang kayu manis untuk menambah rasa.

3. Tambahkan pada smoothie

5 Dapetin manfaat jahe  2021 brilio.netusa.fage

Smoothie dan protein shake adalah cara terbaik untuk menyediakan makanan padat nutrisi untuk makanan sehari-hari. Nah untuk membuat smoothie yang tepat harus menggunakan buah-buahan segar atau beku seperti beri, sayuran hijau seperti bayam atau kangkung, susu kacang tanpa pemanis, air, dan es.

Ada beberapa semburan rasa menarik yang bisa kamu tambahkan ke minuman dingin ini, jahe salah satunya. Tambahkan irisan jahe kupas ke dalam blender dan nikmati semua sifat menghangatkan yang ditawarkan rempah ini. Ini akan memberikan nuansa menyegarkan namun hangat untuk smoothie.

4. Coba deh buat acar jahe

5 Dapetin manfaat jahe  2021 brilio.netjustonecookbook.com

Mungkin kamu yang nggak suka rempah, pernah mengernyitkan alis saat melihat susunan sushi yang indah karena ada acar jahe atau yang disebut gari di sampingnya. Sebagian orang yang tidak suka rempah, mungkin tak akan menyentuh acar jahe tersebut. Tapi tujuan sebenarnya disediakan acar jahe pada sushi sebagai pembersih langit-langit mulut ketika kamu mengonsumsi beberapa jenis sushi. Acar jahe ini akan membantu kamu membedakan rasa pada setiap jenis ikan.

5. Cara gampang, makan permen jahe

5 Dapetin manfaat jahe  2021 brilio.netMayora

Nah buat kamu yang nggak mau ribet, bisa menikmati rasa jahe melalui permen. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, sangat diperlukan mengonsumsi makanan beraroma jahe baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah.

Tentu saja ketika berada di luar rumah, cara paling gampang ya dengan memakan permen. Terlebih saat ini banyak kembang gula yang memasukan ekstrak jahe di dalamnya. Salah satunya Jae Jae, permen produksi PT Mayora Indah Tbk yang baru saja diluncurkan. Inovasi terbaru Mayora ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu menyukai cita rasa jahe, dan gemar mengonsumsi berbagai olahan berbahan jahe, baik makanan atau minuman.

Jae Jae merupakan permen jahe yang dikemas secara modern dan higienis blister isi 8 pcs. Memiliki rasa yang enak, dengan pedas jahe yang pas. Permen ini sangat cocok untuk dikonsumsi dalam segala situasi dan kondisi, di rumah maupun di perjalanan, karena praktis.

(brl/red)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya