5 Teknik memotong sayuran ala chef profesional, wajib tahu

03 / 06 / 2021 05:01 WIB Shahfara Raida
5 Teknik memotong sayuran ala chef profesional, wajib tahu
HL: Instagram/@ziz dan Instagram/@mariechristinevdg

Brilio.net - Potongan sayur dengan berbagai bentuk yang kerap ditemukan pada hidangan di rumah makan maupun restoran tidak dilakukan secara sembarangan lho. Ada berbagai macam teknik yang digunakan untuk memotong sayuran. Teknik inipun memiliki istilah masing-masing.

Biasanya, teknik memotong sayur ini sangat dikuasai oleh juru masak atau chef di restoran. Selain membuat hidangan lebih enak dipandang, berbagai teknik memotong sayuran ini juga dapat memengaruhi rasa dan tekstur masakan.

Misalnya, potongan sayur yang tebal dan besar biasanya untuk menghasilkan tekstur yang masih renyah. Sementara itu, untuk potongan yang kecil dan tipis agar lebih lembut saat dikunyah dan dapat menyerap bumbu secara sempurna.

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi memasak, sudah tahu belum teknik apa saja yang bisa digunakan untuk memotong sayuran? Kuasai teknik-teknik di bawah ini, yuk. Berikut lima teknik memotong sayuran seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/6).

1. Batonnet.

Kuasai 5 teknik memotong sayuran © berbagai sumber

foto: Instagram/@zizafoods_

Teknik ini juga dikenal dengan sebutan baton, yaitu memotong sayuran menjadi persegi panjang yang cukup tebal. Ukurannya biasanya lebar dan tingginya pada 1/4 inci atau 0,625 cm, sementara untuk panjang dipotong sepanjang 5 sampai 6 cm

2. Julienne.

Kuasai 5 teknik memotong sayuran © berbagai sumber

foto: Instagram/@mariechristinevdg

Sama dengan teknik batonnet, teknik yang satu ini juga digunakan untuk memotong sayuran menjadi bentuk persegi panjang. Yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil atau tipis. Ukuran sayuran yang dipotong dengan teknik julienne adalah panjang dan lebar sebesar 1/8 inci atau 0,3175 cm dan panjangnya sebesar 3 sampai 5 cm.

3. Macedoine.

Kuasai 5 teknik memotong sayuran © berbagai sumber

foto: Instagram/@the.minimalist.epicure

Macedoine adalah teknik untuk memotong sayuran menjadi bentuk dadu atau kubus. Biasanya sayur dipotong sebesar 1/4 inci atau 0,635 cm. Sebelum dipotong menggunakan teknik macedoine, biasanya diawali terlebih dahulu dengan teknik batonnet, kemudian barulah dipotong kecil-kecil menjadi berbentuk dadu.

4. Brunoise.

Kuasai 5 teknik memotong sayuran © berbagai sumber

foto: Instagram/@plantainsandchallah

Teknik yang satu ini juga digunakan untuk memotong sayuran menjadi berbentuk dadu atau kubus. Namun, ukurannya dijadikan sangat kecil, biasanya dipotong sekitar 1/8 inci atau 0,375 cm. Nah, sebelum memotong dengan teknik ini, dapat diawali juga dengan teknik julienne untuk memudahkan dan mempercepat proses memotong.

5. Paysanne.

Kuasai 5 teknik memotong sayuran © berbagai sumber

foto: Instagram/@agrikatalis

Paysanne adalah teknik memotong sayur menjadi tipis dengan bentuk kubus. Biasanya ukuran sayur dengan teknik potongan paysanne ini adalah 1/2 inci atau 1,27 cm untuk panjang dan lebar, sementara tebalnya hanya 1/8 inci atau 0,375 cm. Sebelum memotong menggunakan teknik ini, dapat diawali dengan teknik batonnet.

(brl/red)

Review

Selengkapnya