5 Tips mudah memanggang sate kambing biar gurih dan nggak keras

16 / 07 / 2021 18:07 WIB Shahfara Raida
5 Tips mudah memanggang sate kambing biar gurih dan nggak keras
pixabay.com

Brilio.net - Selain daging sapi, daging kambing pun dijadikan hidangan utama untuk merayakan Idul Adha. Berbagai jenis masakan dapat diolah memakai daging kambing. Ada semur, sop, gulai, sate, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu menu lezat berbahan kambing yang sulit buat ditolak adalah sate. Pasalnya, sate identik dengan Hari Raya karena sekaligus bisa jadi ajang bakar-bakar bersama keluarga. Setelah jadi, sate pun bisa disantap langsung atau dijadikan lauk teman nasi putih. Tak hanya sate kambing semata, kamu pun bisa menambahkan hidangan berkuah lain agar makanan nggak terlalu kering.

Namun sebelumnya, perhatikan lebih detail lagi bagaimana cara membuat sate kambing yang benar. Bukan tanpa alasan, terkadang sate kambing bisa alot jika tidak tepat cara pengolahannya. Saking alotnya, daging kambing sulit dikunyah dan ditelan.

Tetapi kini tidak perlu khawatir lagi, ada solusi tepat agar daging kambing untuk sate tidak alot. Berikut lima tips mudah memanggang sate kambing biar nggak keras dan gurih, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, Jumat (16/7).

1. Pilih daging yang tepat.

5 Tips mudah memanggang sate kambing  Pixabay

foto: pixabay.com

Alangkah baiknya kamu memilih daging dari kambing yang masih muda. Sebab, daging kambing muda lebih empuk dibanding kambing tua. Bagian daging kambing yang enak diolah menjadi sate seperti punggung, tenderloin, sirloin, maupun punuk. Sayangnya untuk memilih daging dengan dua cara tersebut cenderung sulit.

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih daging dari aromanya. Jika aromanya lebih kuat, biasanya daging kambing sudah tidak segar lagi dan biasanya lebih alot. Sebaliknya, pilih daging yang baunya tidak terlalu menyengat.

2. Potong daging dengan tepat.

5 Tips mudah memanggang sate kambing  Pixabay

foto: pixabay.com

Rahasia saat memotong daging agar hasilnya empuk adalah berlawanan arah dengan serat dagingnya. Memakai cara ini dipercaya daging menjadi mudah empuk saat dimasak. Nggak ketinggalan, bersihkan juga selaput maupun lemak yang masih menempel pada daging. Jika dibiarkan saja, daging sulit empuk saat dimasak.

3. Cuci dengan air kelapa.

5 Tips mudah memanggang sate kambing  Pixabay

foto: pixabay.com

Tips selanjutnya adalah mencuci daging kambing menggunakan air kelapa. Cara ini efektif bikin daging kambing lebih empuk saat dipanggang, lho. Kamu juga bisa merendamnya pakai air kelapa selama 30 menit sebelum diolah menjadi sate. Setelah itu tinggal panggang sate seperti biasanya.

4. Marinasi dengan buah nanas.

5 Tips mudah memanggang sate kambing  Pixabay

foto: pixabay.com

Siapa sangka buah nanas bisa membuat daging kambing lebih empuk? Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mengubah protein daging kambing menjadi asam amino. Nanas pun efektif membuat serat daging lebih mudah terurai dan menjadi empuk. Caranya yaitu serut atau potong nanas kecil-kecil, kemudian marinasi kambing dengan buah kuning tersebut.

5. Bungkus daging menggunakan daun pepaya.

5 Tips mudah memanggang sate kambing  Pixabay

foto: pixabay.com

Selain pakai air kelapa dan buah nanas, alternatif lainnya adalah memakai daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim yang juga bisa membantu daging kambing lebih empuk. Caranya sangat mudah, bungkus daging dengan daun pepaya kemudian rebus selama 30 menit.

Jika tidak ada daun pepaya, kamu juga bisa menggunakan daun jambu biji maupun daun jati. Setelah selesai direbus, potong daging sesuai selera, lalu tusuk dengan tusuk sate, setelah itu panggang hingga matang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

Review

Selengkapnya