7 Cara memilih dan menyimpan kurma, ampuh bikin tahan lama

26 / 03 / 2022 11:32 WIB Shahfara Raida
7 Cara memilih dan menyimpan kurma, ampuh bikin tahan lama
unsplash.com

Brilio.net - Dalam waktu dekat, umat muslim akan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadan. Biasanya, bulan Ramadan identik dengan banyaknya makanan, minuman, serta takjil yang dijual di pasaran. Salah satu makanan khas bulan Ramadan adalah buah kurma.

Buah kurma ini punya rasa manis dan nutrisi yang tinggi, lho. Dilansir dari bbcgoodfood.com, kurma tinggi antioksidan, serat, mineral, kalsium, magnesium, serta vitamin yang bisa melancarkan pencernaan, menyehatkan tulang, dan masih banyak lagi.

Selain dimakan langsung, buah kurma juga kerap diolah menjadi beragam camilan lezat maupun minuman segar. Biar bisa tahan lama sebelum dikonsumsi, penting untuk memilih dan menyimpan kurmadengan tepat biar nggak mudah busuk serta berjamur.

Jangan pilih dan simpan kurma sembarangan, kamu bisa ikuti cara di bawah ini. Berikut tujuh cara memilih dan menyimpan kurma dengan benar, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (26/3).

1. Perhatikan tekstur kurma.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/Naim Benjelloun

Sebelum membeli kurma di pasaran, kamu bisa memerhatikan teksturnya. Jika terlihat sudah sangat mengerut dan kulitnya banyak yang terkelupas, artinya kurma sudah disimpan cenderung lama. Kamu bisa memilih kurma yang teksturnya belum terlalu berkerut atau masih segar.

2. Pilih kurma yang tidak rusak.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/Quintin Gellar

Kurma yang tekstur daging buahnya sudah rusak dan berair bisa berisiko sudah tak segar lagi. Pastikan pilih kurma yang masih utuh dan segar.

3. Perhatikan kemasan.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/Josh Beaver

Kurma di pasaran umumnya dijual dalam bentuk kemasan. Sebaiknya, perhatikan kemasan kurma yang tidak rusak maupun berlubang. Pastikan juga tanggal kadaluarsanya belum terlewat agar bisa kamu simpan dalam jangka waktu lama.

4. Simpan kurma di toples kedap udara.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/Riki Risnandar

Di bulan Ramadan, kebanyakan orang rutin mengonsumsi kurma setiap hari. Nah, kurma tetap aman disimpan di suhu ruangan, lho. Dengan catatan, simpan kurma di toples kedap udara. Hindari menyimpan kurma dengan wadah karton atau kertas karena bisa membuat kurma cepat busuk.

5. Siram kurma dengan madu.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/Pixabay

Sebelum disimpan, kurma juga bisa dioleskan dengan sedikit madu. Pastikan madu yang digunakan murni tanpa komposisi lainnya. Cara ini juga ampuh bikin kurma lebih awet, lho.

6. Simpan di kulkas.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Pexels/cottonbro

Menyimpan kurma di dalam kulkas bisa membantu buah ini lebih tahan lama. Terutama, kurma yang punya tekstur cenderung basah. Pastikan kurma ditaruh di dalam toples kedap udara terlebih dahulu biar tak mudah membusuk.

Di suhu kulkas bagian bawah, kurma bisa bertahan sampai 1 bulan lamanya. Jika ingin lebih lama lagi, kamu bisa menaruhnya di freezer dan kurma bisa tahan hingga 6 bulan.

7. Simpan di plastik vakum dan dibekukan.

Cara memilih dan menyimpan kurma  berbagai sumber

foto: Unsplash/Saj Shafique

Cara ini bikin kurma jauh lebih tahan lama, bahkan bisa tahan hingga 1 tahun. Kamu bisa menyimpan kurma di plastik ziplock dan divakum agar tak ada udara lagi di dalamnya. Kemudian, simpan kurma di freezer.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya