7 Cara simpel bikin minyak wijen, cukup pakai 2 bahan

7 Cara simpel bikin minyak wijen, cukup pakai 2 bahan
foto: TikTok/@masakmakanmacak

Brilio.net - Ketika hendak memasak makanan Tiongkok, Korea, atau Jepang, sesame oil atau minyak wijen kerap menjadi salah satu bahan yang wajib ada. Jenis minyak satu ini memiliki aroma yang khas sehingga bisa membuat masakan jadi semakin sedap. Oleh karena itu, minyak wijen kerap digunakan sebagai sentuhan terakhir pada masakan agar lebih nikmat.

Berbeda dengan minyak pada umumnya, minyak wijen dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal. Selain itu, tidak semua toko atau swalayan menjual minyak wijen dalam kemasan. Sehingga di beberapa wilayah, minyak wijenterbilang langka dan sulit didapat.

Hal ini lantas mendorong beberapa orang untuk membuat minyak wijen sendiri di rumah. Salah satunya pengguna TikTok dengan akun /@masakmakanmacak. Lewat unggahannya, konten kreator yang terkenal dengan konten memasak tersebut menjelaskan tutorial membuat minyak wijen homemade (rumahan). Membuat minyak wijen sendiri seperti ini bisa jadi alternatif yang lebih murah juga, lho.

"Karena di sini susah mencari minyak wijen dalam kemasan, ada pun harus ke kota dan harganya lumayan mahal. Jadi aku bikin aja sendiri," terang TikTok/@masakmakanmacak.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya