7 Trik mengukus kue agar teksturnya halus dan tidak bantet, antigagal

11 / 08 / 2022 21:01 WIB Nadhifah
7 Trik mengukus kue agar teksturnya halus dan tidak bantet, antigagal
foto: TikTok/@lusiana.lusii

Brilio.net - Tak cuma dipanggang, kue juga bisa diolah dengan cara dikukus. Beda dengan kue yang dipanggang, kue yang dimasak dengan cara dikukus akan lebih mempunyai tekstur yang moist atau lembut. Hal itu dikarenakan teknik mengukus mengandalkan uap, di mana kue akan mengembang dan hasilnya pun akan terasa legit.

Dengan citarasa yang lezat dan bertekstur lembut, membuat kue kukus bisa dinikmati oleh siapa saja. Baik anak kecil maupun orang dewasa. Ada beberapa jenis kue yang bisa diolah dengan cara dikukus, seperti brownies, bolu kukus, rainbow cake, bolu gulung, hingga cupcake.

Membuat aneka kue kukus pun terbilang cukup mudah. Apalagi saat mengukusnya, bahan yang diperlukan hanya air yang mendidih. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengukus kue dibanding dengan memanggangnya, mengingat tak semua orang memiliki oven di rumah.

Namun, banyak juga yang memiliki pengalaman mengukus kue namun hasilnya malah menjadi bantet dan permukaan kue tidak halus atau bergelombang. Untuk mengatasinya, kamu bisa meniru trik berikut ini. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@lusiana.lusii, berikut tujuh trik mengukus kue agar teksturnya halus, tidak bantet, dan antigagal pada Kamis (11/8).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya