8 Cara cuci gelas kusam dan berkerak, kinclong seperti baru

8 Cara cuci gelas kusam dan berkerak, kinclong seperti baru
YouTube/@Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Gelas yang digunakan terus menerus biasanya akan meninggalkan noda kusam. Apalagi jika sering digunakan untuk menyeduh kopi atau teh, gelas bisa berubah jadi kekuningan dan berkerak. Hal ini tentu sangat mengganggu, terlebih jika gelas yang digunakan adalah gelas kaca yang bening.

Melansir dari thekitchen.com, salah satu penyebab gelas kusam adalah endapan mineral dari air sadah (air yang memiliki kadar mineral tinggi) yang menempel. Endapan mineral ini tidak bisa langsung hilang ketika dicuci dengan sabun biasa. Sehingga jika dibiarkan semakin lama, endapan tersebut bisa berkerak dan membuat gelas tampak kusam.

Noda kusam dan kerak ini cenderung sulit dibersihkan. Jika sudah kusam dan berkerak seperti ini, sabun saja tidak bisa menghilangkan nodanya. Oleh karena itu, perlu cara khusus untuk membersihkan noda kerak dan kusam tersebut.

Nah, kamu bisa meniru cara yang dipaparkan salah satu warganet melalui channel YouTube bernama Zulaikha pratiwy. Dalam salah satu video yang diunggah, pemilik channel YouTube tersebut mengaku bahwa gelas bening yang sering dipakai cenderung kusam dan memiliki kerak yang membandel.

"Gelas yang biasa dipakai ngopi atau ngeteh itu bisa berkerak, walaupun sudah dicuci biasa itu nodanya tetap nggak akan hilang, bandel," terang YouTube/@Zulaikha pratiwy.

Untuk mengatasi hal tersebut, Zulaikha rupanya memiliki cara tersendiri. Dia mengandalkan sabun cuci piring dan sitrun untuk menghilangkan kerak membandel di gelas tersebut. Nah, penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan BrilioFood pada Rabu (19/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya