8 Makanan ini bantu redakan demam, cocok disantap usai vaksin

08 / 07 / 2021 14:01 WIB Intan Palupi
8 Makanan ini bantu redakan demam, cocok disantap usai vaksin
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Melonjaknya kasus Covid-19 membuat pemerintah semakin gencar menjalankan program vaksinasi. Sama seperti imunisasi pada anak-anak, vaksin Covid-19 memberikan efek kekebalan pada tubuh seseorang agar terlindung dari penyebaran virus.

Bagi sebagian orang, vaksin memberikan berbagai macam efek samping, salah satunya demam. Tentu saja demam tersebut membuat kamu menjadi terganggu dalam beraktivitas. Hal tersebut membuat kegiatan sekolah dan bekerja yang dilakukan di rumah terganggu.

Dilansir dari National Center for Immunization and Respiratory Diseases (NCIRD), Division of Viral Diseases, efek samping seperti demam merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan. Sama seperti saat demam biasa, efek samping tersebut membangun perlindungan untuk melawan bakteri atau virus.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan demam pada tubuh. Selain minum obat sesuai anjuran dokter, makan makanan bergizi yang juga dapat membantu mengurangi demam. Ada beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi jika mengalami demam setelah melakukan vaksin.

Agar proses penyembuhan demam berjalan maksimal, nggak ada salahnya buat kamu mencoba deretan makanan ini. Penasaran apa saja? Berikut Brilio Food telah melansir dari berbagai sumber, delapan makanan yang bantu turunkan demam setelah vaksin Covid-19, Kamis (8/7).


1. Sup ayam.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Ada beberapa alasan mengapa semangkuk sup ayam panas baik untuk tubuh saat demam. Pertama, sup ayam dapat meningkatkan asupan cairan tubuh secara menyeluruh, membantu menurunkan suhu tubuh serta membuang racun. Kedua, sup ayam memasok tubuh dengan protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat penyembuhan.

2. Air kelapa.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthdigezt.com, air kelapa adalah hidrator tubuh dan sangat penting bagi siapa saja yang mengalami demam agar tubuh tetap terhidrasi. Asupan air kelapa dapat membantu menggantikan cairan vital dan elektrolit yang hilang.

3. Melon.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Selain rasanya yang manis dan enak, buah ini dapat mengurangi demam. Kandungan melon yang kaya akan air dapat mengganti cairan yang hilang karena demam. Selain itu, melon juga mengandung karatenoid. Kandungan karatenoid ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang naik.

4. Sup kaldu tulang.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, kamu dapat mengonsumsi sup kaldu tulang panas. Sup ini mengandung arginin serta asam amino yang memiliki efek anti inflamasi. Sehingga dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang demam.

5. Sayuran.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Sayuran memang sudah dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik. Mengonsumsi sayuran saat demam akan membantu menurunkan suhu tubuh. Sebab, sayuran dapat melawan peradangan.

6. Mentimun.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Lalapan yang satu ini memang memiliki kandungan air cukup banyak. Air dalam mentimun ini dapat membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin. Tak hanya itu, air dalam mentimun juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Sebab saat sedang demam, tubuh tetap harus terhidrasi dengan baik.

7. Yogurt.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthdigezt.com, yogurt direkomendasikan untuk seseorang yang mengalami demam. Bakteri baik dalam yogurt dapat membantu melawan mikroba yang menyebabkan infeksi. Yogurt juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu tubuh untuk sembuh secepat mungkin.

8. Telur.

makanan demam vaksin  freepik.com

foto: freepik.com

Vaksin bekerja lebih baik ketika kamu mengikuti kebiasaan gaya hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan yang kaya protein, seng, kalsium, zat besi seperti telur, ayam, atau ikan dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan membantu pemulihan secara efektif.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya