Aksi pria tunjukkan fungsi lain dari tutup termos ini bikin terkejut sekaligus nostalgia

Aksi pria tunjukkan fungsi lain dari tutup termos ini bikin terkejut sekaligus nostalgia
Mengenang Masa Lalu~ |

Video tersebut sontak menuai perhatian dari pengguna TikTok lain. Bahkan ada lebih dari 500 warganet yang meramaikan kolom komentar video tersebut. Para warganet ini menebak-nebak tentang fungsi sebenarnya dari tutup termos ini.

Usut punya usut, tutup termos ini memang tidak hanya digunakan untuk menutup badannya saja. Tutup termos yang biasa dipakai untuk menyimpan nasi maupun es ini memiliki fungsi lain yang nggak kalah penting. Hal ini pernah dijelaskan lebih lanjut oleh pengguna TikTok dengan akun @ajikbolang.

Pria bernama Ajik ini pun menampilkannya melalui sebuah video yang berjudul 'Nostalgia masa lalu'. Dilansir BrilioFood dari TikTok @ajikbolang pada Jumat (10/2), mulanya dia menyiapkan termos beserta tutupnya. Lantas, Aji pun menarik bagian tengah tutup termos yang berbentuk bulat dan berwarna hitam.

Aksi pria tunjukkan fungsi lain dari tutup termos ini bikin terkejut sekaligus nostalgia

foto: TikTok/@ajikbolang

Setelah dicabut, permukaan atas dari tutup termos ini pun dibuka langsung. Ada dua bagian terpisah dari tutup termos, yakni bagian bulat cekung yang berada di tengah dan bagian samping yang lebar. Nah, bagian tengah tutup termos inilah yang biasa dimanfaatkan untuk menyimpan uang receh, sedangkan bagian lebar digunakan untuk meletakkan uang kertas.

Aksi pria tunjukkan fungsi lain dari tutup termos ini bikin terkejut sekaligus nostalgia

foto: TikTok/@ajikbolang

Peletakan uang di tutup termos ini pun punya asal muasalnya tersendiri, lho. Jadi sekitar tahun 80 hingga 90-an, termos nasi tersebut kerap diandalkan sebagai wadah es lilin yang notabene dijual di sekolah atau pasar. Nah, hasil uang dari menjual es lilin ini lantas diletakkan di tutupnya supaya lebih aman.

"biasanya klw habis jualin 1 termos dapat upah 500 apa 1000 tuh jaman SD? klw saya waktu itu thn 98 99 dapat upah 500 udh berasa gede bangt," kata Ajik di kolom komentar.

Termos nasi sangat membantu untuk menjaga suhu makanan di dalamnya agar tetap hangat dalam waktu yang lama. Kepraktisannya bikin termos nasi populer di kalangan pemilik warung. Memilih termos nasi yang sesuai dengan kebutuhan tentu tidak mudah. Sebaiknya, perhatikan fitur yang dimilikinya dan tentunya yang ramah di kantong. Cek harga di bawah ini untuk rekomendasi termos nasi favorit pilihan pedagang nasi, ya!

Nggak heran kalau Ajik mengungkapkan bahwa rata-rata orang zaman dulu yang biasanya tahu fungsi tutup termos nasi ini. Para warganet pun sependapat dengan fungsi lain tutup termos tersebut. Hal ini turut diungkapkan warganet melalui kolom komentar.

@ajikbolang Nostalgia masa lalu #masakecil #80an90an #fypbali #yukngumpulbareng Suratan - Tommy J Pisa

"tmpat nyimpen uang hsil jualn es lilin," ungkap TikTok @aristyawan1989.

"pinggiran yg besar naruh uang besar kertasannya...tutup yg bulet kecil naruh uang logamnya," sahut TikTok @emieck_ricis.

"tmpat uang klo jualan es
tmpat lauk jika dibawa tamasya," papar TikTok @balaptiktok.

"naruh uang receh," ujar TikTok @hiruzen_02.

"berangkat ke sekolah berusaha lebih pagi dari temen2 agar bisa jualan es dan dapat upah," kata TikTok @gunkroy.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya