Begini caranya agar tidak cepat haus saat sedang berpuasa

Begini caranya agar tidak cepat haus saat sedang berpuasa

Brilio.net - Menjalani ibadah puasa Ramadan harus melalui banyak tantangan. Seseorang yang menjalani ibadah puasa dianjurkan menahan hawa nafsu, baik nafsu makan atau yang lain. Nah salah satu tantangan yang cukup susah ialah menahan haus.

Selain tidak boleh makan, umat muslim juga tidak boleh minum saat berpuasa. tentu hal ini akan membuat tenggorokan kering dan dahaga memuncak. Terlebih di cuaca panas terik, siapapun pasti merasa haus. Tapi tenang saja, ada lho cara agar tidak haus selama berpuasa.

Dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi menjelaskan cara agar tidak haus saat berpuasa, yakni dengan mengurangi beraktivitas berat.

"Jangan banyak bicara dan jangan beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat (seperti beraktivitas di saat panas)," kata Diana Sunardi seperti dikutip dari Liputan6, Senin (13/5).

Ketika tubuh beraktivitas apalagi aktivitas berat di tempat yang panas membuat seseorang bisa dehidrasi. Kondisi tersebut membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Hal ini yang bisa membuat rasa haus terjadi.

Selain itu, kunci agar puasa tidak terasa terlalu haus dengan memastikan asupan cairan terpenuhi.

"Pastikan delapan gelas air terpenuhi sejak buka hingga sahur," pesan dokter yang juga pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Soal asupan cairan, biar lebih mudah, kata Diana, ingat rumus 2-4-2. Jadi, pastikan saat sahur minum minimal dua gelas air, lalu saat berbuka hingga malam minum empat gelas air, kemudian sebelum tidur minum lagi dua gelas air agar tubuh terhidrasi.

Jika minum dalam jumlah banyak saat sahur atau berbuka tidak terlalu masalah. Kelebihan cairan yang masuk ke tubuh itu akan dikeluarkan lewat urine.

Salah satu kunci agar tidak terlalu haus saat menjalankan puasa adalah tidak minum kopi saat sahur seperti disarankan ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah.

"Sebagian orang ada yang sensitif, jadi gampang buang air kecil usai minum kopi," jelas Hardinsyah.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya