Biar cepat pulih, hindari 7 makanan ini usai operasi usus buntu

31 / 08 / 2021 18:03 WIB Shahfara Raida
Biar cepat pulih, hindari 7 makanan ini usai operasi usus buntu
foto ilustrasi: pixabay.com

Brilio.net - Siapa saja pasti sudah tidak asing lagi saat mendengar penyakit usus buntu. Usus buntu termasuk salah satu penyakit peradangan dan bisa menyerang segala usia. Biasanya, gejala penyakit ini ditandai dengan nyeri pada bagian perut, demam, diare, sembelit, mual, muntah, dan lain-lain.

Beberapa kebiasan seperti sering menahan kentut, sering makan gorengan dan makanan kaleng, mengonsumsi makanan yang tidak higienis, dan kebiasaan buruk lainnya bisa memicu usus buntu. Makanya, penting untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit usus buntu.

Namun, jika sudah mengalami usus buntu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Biasanya, penderita usus buntu harus menjalani serangkaian penanganan seperti operasi. Nah, usai operasi, saatnya melanjutkan pola hidup yang lebih sehat agar cepat pulih.

Salah satunya seperti menjaga pola makan dengan menghindari sejumlah makanan agar kondisi tubuh pulih kembali. Berikut tujuh makanan yang harus dihindari usai operasi usus buntu, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, Selasa (31/8).

1. Buah-buahan utuh.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Buah-buahan utuh cenderung memiliki tekstur keras dan harus dikunyah saat dimakan. Nah, untuk pasien yang baru saja menjalani operasi usus buntu, sebaiknya menghindari mengonsumsi buah-buahan utuh. Agar tetap bisa mengonsumsi buah, kamu bisa membuatnya menjadi jus atau smoothie.

2. Sayur-sayuran utuh.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Sama seperti buah-buahan utuh sebelumnya, untuk sayuran juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu dikonsumsi dalam keadaan utuh. Kamu juga bisa membuatnya sebagai jus atau smoothie. Jika kurang suka jus sayur, kamu pun bisa mencampurkannya dengan berbagai buah-buahan agar lebih manis dan enak.

3. Sereal.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Sereal memiliki tekstur yang cenderung keras dan kasar. Makanya, usai operasi usus buntu, sebaiknya menghindari jenis makanan seperti sereal, apalagi sereal dalam keadaan dingin. Jika kamu sudah terbiasa sarapan dengan sereal, dilansir dari livestrong.com, kamu bisa gantikan dengan menu lain seperti sup atau yogurt.

4. Nasi atau pasta.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Sejumlah makanan berkarbohidrat seperti nasi maupun pasta juga sebaiknya dihindari setelah operasi usus buntu. Sama dengan makanan lainnya, jenis makanan ini mengharuskanmu untuk mengunyah, makanya agar lebih aman bisa menghindarinya dulu sementara waktu.

5. Kacang atau biji-bijian.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Kacang atau biji-bijian sudah pasti memiliki tekstur yang keras dan kering. Sehingga, kurang baik langsung dikonsumsi setelah menjalani operasi usus buntu. Sebagai gantinya, kamu bisa beralih ke minuman susu kedelai maupun susu almond.

6. Makanan berlemak.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Dilansir dari UC San Diego Medical Center, penting untuk menghindari makanan berlemak setelah operasi usus buntu. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan rendah lemak seperti kentang tumbuk, pisang, dan keju cottage.

7. Makanan pedas.

operasi usus buntu  Pixabay

foto: pixabay.com

Makanan pedas cenderung mudah memicu munculnya diare. Sehingga, wajib untuk dihindari setelah operasi usus buntu. Buat yang senang makan pedas, sebaiknya sabar dan menunggu hingga dokter mengizinkan untuk mengonsumsi makanan pedas, ya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Klappertaart Tanpa Oven

  • Meatloaf Wellington

    Meatloaf Wellington

  • Ayam Budu Budu

    Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

Review

Selengkapnya