Bikin takjub, rutin minum bahan dapur ini bantu menjaga kesehatan ginjal

Bikin takjub, rutin minum bahan dapur ini bantu menjaga kesehatan ginjal
Ada tata caranya agar ampuh |

Bawang merah jadi salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Nggak cuma buat masak, bawang merah juga berfungsi sebagai alternatif obat herbal menjaga kesehatan, lho. Hal ini sempat dijelaskan oleh seorang dokter bernama Fery lewat channel YouTube pribadinya.

"Mengonsumsi bawang merah dapat menurunkan kadar kalium, ureum, dan kreatinin dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar ureum dan kreatinin menyebabkan kesehatan ginjal akan terjaga," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dokter Fery TV, Selasa (27/6).

Bikin takjub, rutin minum bahan dapur ini bantu menjaga kesehatan ginjal

foto: YouTube/Dokter Fery TV

Untuk menyerap nutrisinya, Fery menyarankan bawang merah diolah sebagai berikut. Yakni, iris terlebih dahulu 6 siung bawang merah. Kalau sudah, masukkan irisan bawang merah ke dalam air mendidih. Agar rasanya semakin segar, tambahkan jus lemon secukupnya ke air rebusan. Aduk-aduk lalu diamkan selama 2 jam. Saring terlebih dahulu larutan bawang merah lalu minum. Agar optimal, larutan bawang merah ini bisa diminum secara rutin sebanyak 3hari sekali.

Banyak penelitian yang menjelaskan pengaruh bawang merah terhadap kesehatan ginjal. Dilansir dari steptohealth.com, kandungan dalam bawang merah seringkali digunakan untuk proses detoksifikasi (pembuangan racun dalam tubuh).Mengeluarkan racun dari ginjal sangat diperlukan. Jika tidak, racun tersebut akan menumpuk dan memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Bikin takjub, rutin minum bahan dapur ini bantu menjaga kesehatan ginjal

foto: freepik.com

Persis seperti disebutkan di atas bahwa bawang merah mampu menurunkan kreatinin dalam tubuh. Sebagai informasi, kreatinin merupakan zat limbah darah yang diproduksi oleh jaringan otot saat beraktivitas. Kadar kreatinin di dalam darah diatur dan disaring oleh ginjal. Saat jumlah kadar kreatinin dalam darah berlebih, tubuh akan lemah dan kepala pun pusing. Itulah kenapa kesehatan ginjal harus dijaga.

Di samping itu, bawang merah juga mengandung kandungan lainnya yang baik bagi tubuh. Dilansir healthline.com, di dalam bawang merah ada kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A dan C. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, hingga mencegah kanker, lho.

Bikin takjub, rutin minum bahan dapur ini bantu menjaga kesehatan ginjal

foto: freepik.com

Meski begitu, Fery menjelaskan bahwa nggak semua orang bisa mengonsumsi larutan bawang merah ini. Salah satunya adalah orang pengidap maag. Dilansir dari urmc.rochester.edu, mengonsumsi berbagai jenis bawang-bawangan secara berlebih bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan memicu gejala maag.

Jadi, tetap harus diperhatikan ya cara minum dan kondisi tubuh masing-masing.

Mengintip kolom komentar di unggahan milik YouTube Dokter Fery TV, tak sedikit warganet yang mengaku sangat terbantu dengan informasi seputar bawang merah ini, lho. Video ini juga sudah ditonton lebih dari 38 ribu kali.

"Informasi yang sangat bermanfaat," tulis akun YouTube @dinarmar7262.

"Sangat bermanfaat. Semoga chanelnya berjaya dokter," ujar akun YouTube @nurhayatinurhayati9225.

"Trimakasih Dokter , resepnya semoga manfa'at salam sehat semangat sukses selalu," sahut akun YouTube @djokomulyono742.

"Trimakasih dokter setelah liat vidio dokter sekarang rajin mkn b merah mentah untuk kesehatan...." ucap akun YouTube @setiawanulan9063.

"Terimakasih dr atas infonya," tulis akun YouTube @yuliagus-ek4yv.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya