Trik menanak nasi putih agar tinggi serat dan bisa lunturkan lemak, tanpa ditambah perasan jeruk nipis

Trik menanak nasi putih agar tinggi serat dan bisa lunturkan lemak, tanpa ditambah perasan jeruk nipis
YouTube/Lenny Diary

Brilio.net - Hampir setiap makanan mengandung lemak. Padahal, jika kandungan lemak berlebih dalam tubuh, dapat mengganggu kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, kelebihan lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, hingga diabetes.

Untuk menghindari berbagai penyakit tersebut, kamu harus menerapkan pola makan sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Karena makanan yang tinggi serat akan membuat sistem pencernaan jadi lancar sehingga tak ada lagi penimbunan lemak dalam tubuh. Biasanya serat banyak terkandung di berbagai jenis sayuran, buah, serta kacang-kacangan.

Berbicara soal serat, setiap harinya kamu mengonsumsi nasi. Dikutip dari Ricepedia, lebih dari 50 persen masyarakat di dunia mengonsumsi nasi untuk memenuhi 20 persen kebutuhan kalori harian. Tapi tahu nggak sih kamu, tak semua nasi mengandung serat tinggi? Terutama nasi putih yang terbuat dari beras putih. Dalam 100 gram nasi putih hanya mengandung 0,4 gram serat.

Namun demikian, kamu bisa menyulap nasi putih jadi lebih tinggi serat, lho. Dengan cara diolah atau ditanak menggunakan tambahan satu bahan dapur. Alih-alih menambahkan perasan jeruk nipis sama seperti yang dilakukan kebanyakan orang, menurut Rita RamayuliDCN M.Kes justru cara tersebut kurang efektif.

Menurut Rita RamayuliDCN M.Kes, seorang Ahli Gizi yang juga penulis buku Slim is Easy ini menjelaskan bahwasannya jeruk nipis lebih baik dikonsumsi secara langsung. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis malah akan teroksidasi jika terkena suhu panas, seperti dicampur saat menanak nasi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya