Tak perlu ke tukang servis, ini cara mengatasi panci presto bocor dan mengeluarkan air dari samping

Tak perlu ke tukang servis, ini cara mengatasi panci presto bocor dan mengeluarkan air dari samping
YouTube/Chef Adhie

Brilio.net - Panci presto kerap digunakan untuk memasak bahan makanan yang alot dan butuh waktu (perebusan) lama. Misalnya daging, ceker, atau kacang hijau. Dengan presto, bahan makanan yang alot sekalipun bisa empuk dalam hitungan menit. Hal tersebut tentu bisa mempersingkat proses memasak secara menyeluruh.

Beda dari panci biasa, presto memiliki cara kerja berbeda. Jadi panci presto didesain dengan bahan dan tutup yang sangat rapat. Dengan begitu, uap air dari proses perebusan bahan makanan akan mengumpul di bagian dalam. Tekanan suhu panas dari uap inilah yang akan mempercepat proses pematangan.

Bagian dalam presto memang sangat kedap. Bahkan uap air dari perebusan hanya bisa keluar sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Nah, bagian tutup ini memang didesain dengan katup kecil yang bisa dibuka-tutup untuk mengeluarkan uap air dari dalam.

Walau kuat dan tahan panas, namun penggunaan presto juga nggak luput dari masalah. Salah satu kendala yang sering dialami banyak orang adalah prestonya malah bocor. Kebocoran ini bisa ditandai dengan adanya air atau uap air yang keluar bukan tadi katupnya, tapi dari bagian samping tutup presto.

Kebocoran ini menjadi tanda bahwa presto sudah tidak rapat. Kamu bisa mengatasinya dengan cara memutar bagian tutupnya hingga benar-benar terkunci. Namun jika ternyata tutup sudah terkunci, kebocoran tetap berlanjut, bisa jadi penyebabnya karena hal lain.

Masalah kebocoran presto ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Chef Adhie. Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku jengkel ketika panci presto miliknya bocor di bagian samping. Padahal di sisi lain, posisi tutup sudah sangat rapat.

"Mungkin jengkel ya kalau beli presto atau lagi presto tiba-tiba terjadi kebocoran. Sehingga belum empuk (bahan makanannya), kok airnya sudah habis," kata YouTube Chef Adhie dikutip BrilioFood pada Kamis (15/6).

Tak perlu ke tukang servis, ini cara mengatasi panci presto bocor dan mengeluarkan air dari samping

foto: YouTube/Chef Adhie

Masih dalam video yang sama, Chef Adhie mengaku bahwa kebocoran tersebut disebabkan oleh kondisi seal atau karet presto yang sudah aus. Karet ini mengelilingi bagian dalam tutup presto yang bikin presto bisa tertutup rapat. Seiring pemakaian, karet ini bisa aus dan rusak, sehingga tidak elastis lagi. Nah, kondisi karet yang rusak inilah yang menyebabkan kebocoran pada presto.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya