Tak perlu ganti baru, begini trik memperbaiki karet kulkas yang sobek cukup pakai 1 bahan

Tak perlu ganti baru, begini trik memperbaiki karet kulkas yang sobek cukup pakai 1 bahan
YouTube/mandala electro

Brilio.net - Kulkas atau lemari pendingin merupakan perabot elektronik yang bisa memperpanjang masa simpan makanan atau minuman. Suhu dingin pada kulkas memang bisa bikin makanan dan minuman nggak mudah basi. Oleh sebab itu, kulkas kerap dijadikan sebagai tempat penyimpanan stok makanan dan minuman.

Pada dasarnya, kulkas memiliki umur penggunaan antara 9-13 tahun. Namun hal ini juga tergantung dengan intensitas perawatannya. Jika tidak dirawat dengan baik, maka dalam pemakaian 5 tahun saja kulkas sudah mengalami banyak masalah.

Di antara banyaknya komponen kulkas, bagian pintu kulkas termasuk salah satu komponen yang mudah rusak. Ada beragam masalah yang bisa terjadi pada pintu kulkas ini. Misalnya pintu kulkas yang tidak rapat, sehingga udara dingin di dalam kulkas jadi bocor dan tidak stabil.

Penyebab pintu kulkas yang tidak rapat biasanya dikarenakan ada bagian karetnya yang mulai aus. Seiring pemakaian, tekstur karet kulkas bisa kaku dan keras. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kondisi karet kulkas akan mudah sobek dan bolong. Jika sudah begitu, tentu suhu dingin di dalam kulkas bisa bocor.

Padahal karet kulkas termasuk komponen penting yang berfungsi sebagai perekat pintu dan bodi kulkas. Oleh sebab itu, karet kulkas harus dijaga tetap lentur supaya bisa bekerja dengan maksimal dalam merekatkan pintu dan menjaga suhu dingin di bagian kulkas.

Sayangnya, masalah karet kulkas yang sobek dan bolong ini seringkali tak bisa dihindari. Jika kamu mendapati kondisi karet kulkas seperti ini, tak perlu panik, ya. Karena pada dasarnya kondisi karet kulkas seperti ini bisa diperbaiki sendiri tanpa perlu beli baru.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya