Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

Brilio.net - Beberapa daerah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa sering ditemui makanan khas yang hanya disajikan saat perayaan tertentu. Makanan-makanan ini mempunyai makna dan nilai tersendiri.

Salah satu makanan khas yang biasanya selalu disajikan saat perayaan atau hajatan besar adalah tumpeng. Nasi tumpeng disajikan dengan berbagai makanan pendamping, salah satunya urap.

Urap merupakan makanan yang terkenal di Pulau Jawa. Selain urap, ada beberapa makanan yang mempunyai tampilan serupa urap, yaitu gudangan dan trancam. Tidak jarang, ketiga kuliner ini membuat banyak orang terkecoh karena penampilannya yang mirip.

Nah biar kamu nggak terkecoh lagi, yuk simak perbedaan urap, gudangan dan trancam yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (7/8).

1. Urap.

Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

foto: selerasa.com

Masakan Jawa ini merupakan hidangan berupa sayuran direbus dan dicampur kelapa parut yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Aneka sayur yang biasanya disajikan adalah daun singkong, daun pepaya, tauge, kangkung, kacang panjang dan kubis. Bumbunya terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam jawa, kencur, garam dan gula jawa. Semua bumbu dihaluskan dan dicampur bersama parutan kelapa. Hidangan ini akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

2. Gudangan.

Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

foto: kueresep.com

Sekilas gudangan dan urap memang terlihat sangat mirip. Hal ini tidak lain karena gudangan adalah sebutan lain untuk urap di beberapa daerah di Jawa Tengah. Namun demikian, jenis sayuran gudangan lebih bervariasi seperti wortel yang dipotong korek, daun ketela, sayur adas dan kenikir. Selain itu, di beberapa daerah, sayur rebus dalam gudangan perlu dicincang terlebih dahulu sebelum disajikan. Biasanya, gudangan juga dilengkapi dengan potongan telur ayam rebus. Oh iya, nama gudangan berasal dari penyajian yang umumnya dalam porsi menggunung atau 'segudang' saat acara adat.

3. Trancam.

Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

foto: resepkoki.com

Kuliner lainnya yang juga memiliki tampilan serupa dengan urap dan gudangan adalah trancam. Kuliner satu ini juga berasal dari Jawa Tengah. Nah, perbedaan yang sangat jelas adalah sayuran pada trancam tidak direbus sama sekali alias masih mentah. Selain itu, di dalam trancam juga terdapat campuran kecambah. Kelapa yang digunakan pada trancam dikukus terlebih dahulu, sedangkan bumbu yang digunakan masih mentah.

(brl/fen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya