Bukan dengan sabun, ini trik bersihkan loyang kue sebelum digunakan cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan dengan sabun, ini trik bersihkan loyang kue sebelum digunakan cuma pakai 1 bahan dapur
YouTube/Pawonne Simbok

Brilio.net - Loyang kue jadi salah satu alat penting dalam proses baking atau pembuatan kue. Baik kue yang diolah dengan cara dipanggang maupun dikukus. Selain bisa membuat bentuk kue jadi lebih bagus, penggunaan loyang juga berfungsi agar kue bisa matang sempurna.

Dari sekian banyak jenis, loyang berbahan aluminium kerap dipilih banyak orang. Selain karena mudah ditemukan, loyang jenis ini juga dinilai awet dibandingkan lainnya.

Meski begitu, pastikan kamu membersihkan terlebih dahulu loyang secara maksimal sebelum digunakan, ya. Terlebih loyang masih dalam keadaan baru. Karena permukaan loyang baru biasanya masih memiliki serbuk halus berwarna kehitaman.

Serbuk ini biasanya berasal dari sisa aluminium cor yang luntur pada saat pembuatan loyang. Serbuk hitam ini cenderung menempel kuat. Sehingga jika tidak dibersihkan dengan benar, serbuk hitam ini bisa ikut menempel pada adonan kue yang dibuat.

Hal itu pun dialami oleh pengguna YouTube Pawonne Simbok. Loyang yang baru saja dibeli dari pasar, langsung digunakan oleh perempuan satu ini untuk memanggang kue. Alhasil, permukaan kue pun tampak dipenuhi oleh serbuk hitam dari loyang tersebut.

"Meski sudah dicuci, ternyata hasilnya masih luntur dan menempel di kue. Jika sudah begini nggak bisa dimakan, rasanya juga nggak enak," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Pawonne Simbok pada Jumat (3/3).

Bukan dengan sabun, ini trik bersihkan loyang kue sebelum digunakan cuma pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/Pawonne Simbok

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya