Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur

Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur
Penyebaran bakteri inilah yang disebut-sebut berbahaya karena posisinya tak bisa dideteksi |

"Kenapa ayam ga dicuci? Tau ga si, mencuci ayam itu justru bikin cross contamination," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Cross contamination adalah penyebaran bakteri ke berbagai area. Dalam kasus mencuci ayam ini, artinya bakteri yang terdapat pada daging ayam akan menyebar ke berbagai arah di sekitar dapur bersama cipratan air saat ayam dicuci. Nah, penyebaran bakteri inilah yang disebut-sebut berbahaya karena posisinya tak bisa dideteksi.

Sehingga, tanpa disadari, bisa saja bakteri tersebut terlempar ke kulit dan memicu penyakit. Warganet akrab disapa Dhila menjelaskan, bakteri dari daging ayam ini dikenal dengan nama Campylobacter dan berisiko menyebabkan sakit perut, diare, atau bahkan muntah-muntah.

Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@dhilaskukk

Nah, alih-alih mencuci daging ayam dengan air mengalir, Dhila mengatakan, sebaiknya kamu menggunakan 1 bahan dapur saja, yakni air panas. Triknya, siapkan panci dan rebus air bersih sampai mendidih. Saat airnya sudah mendidih, celupkan daging ayam satu per satu ke dalamnya sebentar saja. Air mendidih inilah yang berguna untuk menghilangkan kuman dan membunuh bakteri pada daging ayam.

Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@dhilaskukk

Setelah dicelupkan ke air panas, jika kondisi daging ayam masih terdapat bulu-bulu halus atau kotoran, tinggal diambil menggunakan jari saja. Lalu, tepuk-tepuk daging ayam pakai tisu dapur sampai kering. Daging ayam pun siap dimasak jadi hidangan sesuai selera.

Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@dhilaskukk

"Lalu ada statment “nanti bau amis dong ayamnya kalo ga dicuci”

Memang tujuan mencuci ayam dari awal itu apa si? Emang bener mencuci ayam untuk menghilangkan amis? Aku rasa mencuci ayam itu tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel bukan sih?

Jadi baiknya ayam bukan di cuci, tapi di BERSIHKAN, dihilangkan sisa kotoran menempel kemudian di pat pat dengan tissue dapur baru kemudian diolah," imbuh Dhila.

Ia pun menjelaskan trik supaya daging ayam yang dimasak bisa bebas bau amis, nih. Semula, pastikan ayam yang kamu beli dari pasaran masih dalam keadaan fresh atau segar. Lalu, saat memasaknya, kamu bisa memanfaatkan sejumlah bumbu yang tepat untuk memudarkan bau amisnya. Terakhir, pastikan daging ayam dimasak sampai benar-benar matang, karena daging ayam pasti amis kalau masih mentah.

Bukan dicuci di air mengalir, ini cara membersihkan ayam agar bebas kuman pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@dhilaskukk

Wah, menarik banget ya penjelasan soal membersihkan daging ayam ini? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @dhilaskukk yang sudah ditonton 410 ribu kali, banyak warganet yang terinspirasi, lho. Di sisi lain, ada pula yang masih memilih mencuci ayam dengan cara lama.

"klo ayamnya frozen gimana ka?" tanya TikTok @fitz yang dibalas oleh pemilik akun, "Aku tunggu sebentar sampai ayamnya suhu ruang, dibersihkan seperti di video, lalu di food prep kak."

"well educated kak sbgai yg pernah kerja di potong ayam, slain itu klo dicuci jd bnyk kndungan air & ningkatin tmbuhnya mikroba," tulis TikTok @KotakAMAAL.

"Mungkin cuman berlaku buat kk nya ga berlaku buat emak gue kalo nyuci ayam sebaskom gede karna keluarganya banyakan," ungkap TikTok @Tm.

@dhilaskukk Replying to @Risma ajah Kenapa ayam ga dicuci? Tau ga si, mencuci ayam itu justru bikin cross contamination Yang artinya menyebarkan bakteri pada perabot dapur, pakaian dan peralatan makan. Bakteri Campylobacter merupakan salah satu bakteri penyebab terjadinya keracunan. Gejala yang akan dirasakan saat terinfeksi bakteri Campylobacter yakni sakit perut dan diare juga muntah-muntah selama dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi jika dialami oleh anak-anak, orang tua atau mereka yang memiliki sistem tubuh lemah seperti pengidap HIV dan kanker. Semua bakteri akan mati saat dimasak sampai matang, jadi itu juga alasan kenapa ayam tidak boleh dimakan mentah/setengah matang. Lalu ada statment “nanti bau amis dong ayamnya kalo ga dicuci” Memang tujuan mencuci ayam dari awal itu apa si? Emang bener mencuci ayam untuk menghilangkan amis? Aku rasa mencuci ayam itu tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel bukan sih? Jadi baiknya ayam bukan di cuci, tapi di BERSIHKAN, dihilangkan sisa kotoran menempel kemudian di pat pat dengan tissue dapur baru kemudian diolah. Lalu gimana dong buat ngilangin bau amis ayam? 1. Beli ayam fresh 2. Inilah fungsi kita masak pakai bumbu, kalau bumbu yang dipakai benar & pas pasti deh ayam kalian gaakan amis 3. Masak ayam dengan benar, jangan sampai masih mentah ya Trus kalau beli ayam dari pasar gimana? Cukup sediakan air mendidih & cemplungkan ayam sebentarrr aja, kemudian tap tap tissue & siap di olah #mencuciayam #tipsmengolah #longervideos #mengolahayam #ayam #daging #goreng #foodprep #ayammentah #masakmudah #olahanmudah #kreasimudah #reseprumahan #resepmasakan #masakanindonesia #cooking #easyrecipe #serunyakuliner #resepsimpletiktok #resepmudah #serunyamasak #foodstock #foodprep #foodpreparation #stockmakanan #stocklauk #fyp #fyp #fypage #fyp#viral #fypdongggggggg #fypp #fypdong #fypgakni #fypsounds original sound - -

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya