Bukan direndam cuka, trik wanita bersihkan sendok berkarat ini ampuh pakai 2 bahan dapur

Bukan direndam cuka, trik wanita bersihkan sendok berkarat ini ampuh pakai 2 bahan dapur
YouTube/Marianti Sukses

Brilio.net - Menjaga kebersihan alat makan merupakan hal yang wajib dilakukan. Bukan tanpa sebab, alat makan bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri dan kuman jika tidak dibersihkan dengan benar. Hal tersebut lantas membuat peralatan makan jadi media penyebaran penyakit.

Demi mencegah hal tersebut, kamu harus selalu memastikan alat makan seperti sendok dalam kondisi bersih sebelum digunakan. Bahkan sekalipun sendok tersebut jarang dipakai dan hanya disimpan dalam lemari. Justru sendok yang disimpan dalam waktu lama bisa berpotensi lebih kotor karena berkarat, lho.

Noda karat pada sendok ini biasanya terjadi pada sendok berbahan stainless steel atau logam. Kondisi ini memang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari residu sisa makanan, kelembapan lemari penyimpanan, hingga penggunaan sendok untuk bahan makanan yang terlalu panas dalam jangka waktu lama.

Nah, parahnya, karat pada sendok bisa semakin parah dan menyebar jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, jika kamu menemukan setitik saja noda karat, segera bersihkan sendok tersebut. Untuk menghilangkan karat ini, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan khusus, seperti cuka. Jadi, sendok akan direndam dalam air yang sudah dicampur cuka agar karatnya bisa hilang.

Namun jika stok cuka di rumah sedang habis, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan wanita bernama Marianti. Melalui akun YouTube pribadinya, Marianti Sukses, wanita ini mengaku punya trik membersihkan sendok berkarat. Nah, trik tersebut membuat sendok berkarat jadi lebih kinclong dan berkilau, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya