Bukan direndam sitrun, begini trik mudah bersihkan burner kompor yang hitam pakai 1 bahan dapur

Bukan direndam sitrun, begini trik mudah bersihkan burner kompor yang hitam pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/polyztron

Brilio.net - Membersihkan kompor sudah menjadi aktivitas yang harus dilakukan secara rutin. Bukan tanpa sebab, kegiatan memasak berpotensi membuat kompor dan sejumlah komponen di dalamnya jadi kotor. Oleh sebab itu, kompor harus dibersihkan setiap selesai memasak supaya kinerjanya tetap maksimal.

Di antara banyak bagian kompor, burner menjadi salah satu komponen yang juga rentan kotor. Bagian ini berbentuk piringan bulat dan bisa memancarkan api ketika kompor dinyalakan. Memang pada dasarnya, burner berfungsi sebagai alat bertemunya gas dan oksigen agar api bisa muncul.

Biasanya burner kompor terbuat dari material kuningan yang tahan lama. Sesuai dengan bahannya, warna burner juga cenderung kuning keemasan. Namun seiring pemakaian, warna burner kompor ini bisa jadi hitam karena terus menerus terpapar api.

Memang komponen kompor satu ini seringkali diabaikan oleh penggunanya. Alhasil, burner yang tidak dibersihkan bisa jadi hitam atau bahkan berkarat. Jika dibiarkan begitu saja, noda hitam dan karat tersebut bisa menghambat lubang burner, sehingga api kompor tidak keluar dengan maksimal.

Banyak orang kemudian memutar otak untuk membersihkan burner yang telanjur hitam tersebut. Sebagian orang ada yang memilih menggunakan bahan khusus, seperti sitrun (citric acid). Jadi, bisanya burner akan direndam dalam air panas yang sudah dicampur dengan sitrun. Perendaman ini dipercaya mampu melunturkan noda hitam atau bahkan karat sekalipun.

Namun perlu diketahui bahwa sitrun ini jadi barang yang sulit dicari, lho. Tidak semua toko kelontong atau swalayan menjual barang satu ini. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian memilih menggunakan bahan dan cara lain.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya