Cukup 10 menit, ini cara cepat bersihkan tungku kompor yang berkerak tanpa direndam sitrun

Cukup 10 menit, ini cara cepat bersihkan tungku kompor yang berkerak tanpa direndam sitrun
foto: YouTube/Food and Mom

Brilio.net - Tungku menjadi salah satu komponen kompor yang paling rentan kotor. Bagaimana tidak, berbagai macam noda dari proses memasak seperti kuah masakan atau minyak kerap tumpah ke tungku kompor. Selain mempengaruhi kinerja kompor, tungku yang kotor dapat membuat penggunanya tak nyaman menggunakannya.

Sayangnya, banyak orang yang masih abai dengan kebersihan tungku kompor ini. Alhasil, noda-noda tersebut dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama dan berkerak. Jika sudah begitu, tentu membersihkan tungku kompor akan jadi pekerjaan yang merepotkan.

Noda kerak pada tungku kompor tidak bisa hilang hanya dengan sabun dan sabut kawat saja. Oleh sebab itu, sejumlah orang kemudian menggunakan berbagai macam bahan khusus, seperti sitrun (citric acid). Bahan satu ini dipercaya bisa melunakkan kerak dengan cepat.

Umumnya, tungku kompor yang hendak dibersihkan harus direndam semalaman. Jika menggunakan sitrun, durasinya bisa lebih singkat, yakni 4-5 jam. Namun bagi sebagian orang, durasi ini masih terbilang cukup lama.

Padahal jika mengetahui triknya, kamu tak perlu merendam tungku kompor terlalu lama, lho. Seorang pengguna YouTube Food and Mom pernah membuktikan hal tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan sitrun untuk membersihkan tungku kompor miliknya. Namun proses pembersihannya sangat cepat, bahkan cuma butuh 10 menit.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya