Tanpa direndam sitrun, ini trik cepat bersihkan kerak tungku kompor pakai 2 bahan sederhana

Tanpa direndam sitrun, ini trik cepat bersihkan kerak tungku kompor pakai 2 bahan sederhana
foto: YouTube/Mediabcm008

Brilio.net - Kompor termasuk salah satu perabot dapur yang paling rentan kotor. Berbagai kegiatan memasak, seperti menggoreng, merebus, menumis, atau mengukus berpotensi menyebabkan adanya cipratan noda ke area kompor. Tidak hanya bagian bodinya saja, area tungku kompor juga kerap dipenuhi noda masakan atau minyak.

Dibandingkan bagian bodinya, tungku kompor ini justru paling sering diabaikan penggunanya. Alhasil, noda masakan dan minyak yang mengotori permukaan tungku dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama. Padahal noda tersebut berpotensi jadi kerak yang sulit sekali dibersihkan.

Ketika sudah telanjur berkerak, perlu metode khusus untuk membersihkannya. Biasanya sejumlah orang akan mengandalkan sitrun untuk mengangkat kerak yang tebal dan membandel. Jadi, sitrun tersebut akan dilarutkan dengan air, lalu tungkunya direndam dalam larutan sitrun tersebut. Perendaman ini juga membutuhkan waktu berjam-jam untuk melunakkan kerak yang tebal.

Padahal sebenarnya ada trik lain yang lebih praktis dan cepat dalam membersihkan kerak tungku kompor tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Mediabcm008. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan sitrun untuk membersihkan kerak tungku kompor.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

    Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

  • Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

    Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

  • Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

    Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

Review

Selengkapnya